EFEKTIVITAS PEMBUATAN KTP ELEKTRONIK MELALUI PELAYANAN KELILING DI KABUPATEN MAJENE PROVINSI SULAWESI BARAT

Aulia, Reski (2022) EFEKTIVITAS PEMBUATAN KTP ELEKTRONIK MELALUI PELAYANAN KELILING DI KABUPATEN MAJENE PROVINSI SULAWESI BARAT. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
RESKI AULIA_29.1957_EFEKTIVITAS PEMBUATAN KTP ELEKTRONIK MELALUI PROGRAM PELAYANAN KELILING DI KABUPATEN MAJENE PROVINSI SULAWESI BARAT-dikonversi.pdf

Download (279kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pelayanan Publik yang paling dituntut dan dibutuhkan masyarakat adalah pelayanan administrasi terutama Pelayanan KTP Elektronik. Dalam pelaksanaan penerbitan KTP-el, masyarakat Kabupaten Majene mengalami kendala yakni beberapa kecamatan memiliki jarak tempuh yang jauh serta pada tahun 2017 masih ada sekitar 4.989 masyarakat yang belum memiliki KTP-el.Oleh Karena itu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Majene mencanangkan sebuah program Pelayanan Keliling. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mengidentifikasi Efektivitas Pembuatan KTP Elektronik melalui Program Pelayanan Keliling termasuk diantaranya penghambat serta upaya yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Majene. Metode Penelitian yang digunakan penulis adalah Penelitian deskriptif dengan pendekatan Kualitatif induktif sedangkan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis berdasarkan dimensi Efektivitas Gibson dan Steers dalam Sumaryadi, (2005:107). Hasil Penelitian menunjukkan Pembuatan KTP-el melalui Program Pelayanan Keliling dapat dikatakan efektif. Namun dalam Pelaksanaannya masih ditemukan hambatan yaitu Kurangnya pemahaman masyarakat mengenai SOP Program Pelayanan Keliling, serta Kurangnya fasilitas penunjang pelaksanaan program, Kondisi jalan yang jauh, rusak, berkelok-kelok, dan rawan Longsor, serta kondisi jaringan di daerah tersebut yang masih buruk. Upaya – upaya yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Majene dalam mengatasi hambatan adalah Meningkatkan Pemahaman masyarakat mengenai Program Pelayanan Keliling dengan Melakukan Sosialisasi dan penyuluhan SOP kepada masyarakat, Meningkatkan dan pemeliharaan fasilitas penunjang pelaksanaan program Pelayanan Keliling. Dalam mengatasi masalah tersebut saran penulis Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Majene terus berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan Program Pelayanan Keliling. Kata Kunci: Efektivitas, Program Pelayanan Keliling, KTP Elektronik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Faculty of Goverment Management > Demography and Civil Registration Studies
Depositing User: Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM
Date Deposited: 16 Jun 2022 08:26
Last Modified: 16 Jun 2022 08:26
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/9370

Actions (login required)

View Item View Item