EFEKTIVITAS KEBIJAKAN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 JENJANG SMA NEGERI DI KOTA PALU PROVINSI SULAWESI TENGAH

Nurfajriani, Alifa Harmei Mutia (2022) EFEKTIVITAS KEBIJAKAN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 JENJANG SMA NEGERI DI KOTA PALU PROVINSI SULAWESI TENGAH. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
REPOSITORY ALIFA HARMEI MUTIA NURFAJRIANI-dikonversi.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): The occurrence of the COVID-19 Pandemic in Indonesia in 2020 requires everyone to limit daily activities, especially those outside the room. Therefore, a social restriction policy was issued to break the chain of the spread of COVID-19. This restriction also affects the education sector which must continue.. Purpose: The purpose of this research is to find out and analyze the effectiveness of online learning at the public high school level in Palu City and the constraint factors that affect the effectiveness of online learning policies during the COVID-19 pandemic.Method: Descriptive qualitative method with an inductive approach. Data collection techniques through interviews, observation and documentation.Result: The findings obtained by the authors in this study are that the effectiveness of online learning policies at the SMA Negeri in Palu City has been effective. Because online learning is a solution so that the teaching and learning process continues. However, there are still obstacles found in the dimensions of the input and output levels, there are obstacles in understanding the subject matter and the teacher cannot fully control students and the satisfaction dimension with the program has problems with internet network connections during online learning.Conclusion: The implementation of online learning policies during the COVID-19 pandemic at the public high school level in Palu City, Central Sulawesi Province has been carried out well and effectively in accordance with Campell's (1970) theory of measuring effectiveness in general and the most prominent of the five dimensions, there are three dimensions that are successful, namely dimensions of the success of the program, Dimensions of the level of inputs and outputs, and Dimensions of overall Goals. The other two dimensions are extreme dimensions that can hinder online learning policies, namely the dimensions of target success and program satisfaction. Keywords: Effectiveness, Online Learning, State High School, Kota Palu 1 ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang : Terjadinya Pandemi COVID-19 di Indonesia pada tahun 2020 menuntut setiap orang untuk membatasi aktivitas sehari-hari terutama yang berada di luar ruangan. Maka dikeluarkan kebijakan pembatasan sosial guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Pembatasan ini turut mempengaruhi sektor pendidikan yang harus tetap berlangsung.Tujuan: Penulisan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas pembelajaran daring jenjang SMA Negeri di Kota Palu serta faktor kendala yang mempengaruhi efektivitas kebijakan pembelajaran secara daring pada masa pandemi COVID-19. Metode: Metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Temuan yang diperoleh penulis dalam penelitian ini yaitu efektivitas kebijakan pembelajaran daring jenjang SMA Negeri di Kota Palu sudah efektif. Karena pembelajaran daring adalah satu solusi agar proses belajar mengajar tetap terlaksana. Namun, masih ada kendala yang ditemukan pada dimensi tingkat input dan output adanya kendala dalam memahami materi pelajaran dan guru tidak dapat mengontrol siswa sepenuhnya serta dimensi kepuasan terhadap program adanya kendala pada koneksi jaringan internet saat pelaksanaan pembelajaran daring. Kesimpulan: Pelaksanaan kebijakan pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19 jenjang SMA Negeri di Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah telah terlaksana dengan baik dan efektif sesuai dengan teori Campell (1970) pengukuran efektivitas secara umum dan yang paling menonjol dari lima dimensi, ada tiga dimensi yang berhasil yaitu dimensi Keberhasilan program, Dimensi Tingkat input dan output, serta Dimensi Tujuan menyeluruh. Dua dimensi yang lainnya merupakan dimensi ekstrem yang dapat menghambat kebijakan pembelajaran daring dimensi tersebut yaitu dimensi keberhasilan sasaran dan kepuasan terhadap program. Kata kunci: Efektivitas Kebijakan, Pembelajaran Daring, SMA Negeri, Kota Palu

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Politics and Government > Public Policy Studies
Depositing User: Kebijakan Publik FPP
Date Deposited: 16 Jun 2022 05:45
Last Modified: 16 Jun 2022 05:45
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/9310

Actions (login required)

View Item View Item