PENGELOLAAN SISTEM PENGADUAN MASYARAKAT BERBASIS E-GOVERNMENT (Studi Website Lapor Walikota Palu Provinsi Sulawesi Tengah)

Paeh, Andyka Michael (2022) PENGELOLAAN SISTEM PENGADUAN MASYARAKAT BERBASIS E-GOVERNMENT (Studi Website Lapor Walikota Palu Provinsi Sulawesi Tengah). Diploma thesis, IPDN.

[img]
Preview
Text
Andyka Michael Paeh_NPP. 29.1435_PENGELOLAAN SISTEM PENGADUAN MASYARAKAT BERBASIS E-GOVERNMENT (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan (GAP): penulis berfokus pada permasalahan banyaknya pengaduan yang masuk dalam website lapor namun belum dapat di salurkan dan dikelola dengan baik oleh Pemerintah Kota Palu khususnya dalam hal penyaluran pengaduan tersebut serta penyelesaian pengaduan masyarakat. Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis, memperoleh data dan informasi mengenai pengelolaan sistem pengaduan masyarakat berbasis E-government melalui website Lapor Walikota Palu. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif. Informan dalam penelitian ini ditentukan dengan cara purposive sampling dan snowball sampling. Data dikumpulkan dengan teknik triangulasi yang terdiri dari wawancara, observasi dan dokumen. Hasil/Temuan: Dalam Lapor Walikota Palu merupakan web pengaduan masyarakat tinggal mengakses Website kemudian memasukkan alamat serta informasi pribadi seperti nomor telepon dengan keluhan yang dialami. Keluhannya biasa berupa foto yang elah lampirkan foto misalnya jalanan rusak atau perlu adanya penerangan. Sebagian besar jalan rusak dengan air, juga air ya. Dari laporan tersebut, kemudian direkap. Lalu masyarakat menunggu lewat pesan teks sesudah itu menunggu pesan teks dengan jawabannya lewat sms (Whatsapp). Kesimpulan: Pengelolaan sistem pengaduan masyarakat berbasis E-government melalui Website Lapor Walikota Palu sudah baik dengan melalui 9 (Sembilan) tahapan menampung, mencatat, menelaah, menyalurkan, mengkonfimasi, mengklarifikasi, memberikan alternatif solusi, mendokumentasikan dan mensosialisasikan. Kata Kunci: : Pengelolaan, Pengaduan Masyarakat, E-Government.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Politik Indonesia Terapan
Date Deposited: 16 Jun 2022 04:20
Last Modified: 16 Jun 2022 04:20
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/9287

Actions (login required)

View Item View Item