PELAYANAN KARTU IDENTITAS ANAK (KIA) DALAM PELAKSANAAN TERTIB ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PALANGKA RAYA PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

Nainggolan, Putri Kristiana (2022) PELAYANAN KARTU IDENTITAS ANAK (KIA) DALAM PELAKSANAAN TERTIB ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PALANGKA RAYA PROVINSI KALIMANTAN TENGAH. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
REPOSITORI PUTRI KRISTIANA-1.pdf

Download (415kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penulis berfokus pada permasalahan masih banyaknya banyaknya masyarakat Kota Palangka Raya yang masih belum memiliki Kartu Identitas Anak. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis mengenai Pelayanan Kartu Identitas Anak (KIA) Dalam Pelaksanaan Tertib Administrasi Kependudukan Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Palangka Raya. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif dan juga menggunakan metode ASOCA, analisis terhadap teori pelayanan dari Mahmudi dan strategi pengambilan keputusan menggunakan analisis ASOCA dari Ermaya Suradinata. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam (10 informan), dokumentasi dan observasi. Hasil/Temuan: Temuan yang diperoleh penulis dalam penelitian ini yaitu pelayanan Kartu Identitas Anak di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palangka Raya masih belum maksimal karenamasih terdapat beberapa masalah yang menjadi penghambat dari program tersebut. Faktor-faktor tersebut adalah sarana dan prasarana yang kurang memadai Kesimpulan: Pelayanan Kartu Identitas Anak di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palangka Raya telah berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, meskipun masih ada beberapa kendala. Guna meningkatkan pelayanan dari program ini disarankan agar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palangka Raya melakukan pembenahan sarana dan prasana yang menjadi pendukung dari pelayanan KIA tersebut selain itu dinas terkait juga harus lebih aktif melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Depositing User: Administrasi Pemerintahan Daerah FMP
Date Deposited: 16 Jun 2022 03:22
Last Modified: 16 Jun 2022 03:22
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/9267

Actions (login required)

View Item View Item