INOVASI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN MELALUI LAYANAN ONLINE D’LACAK OLEH DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

DARMAWAN, MUHAMMAD RIFKI (2022) INOVASI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN MELALUI LAYANAN ONLINE D’LACAK OLEH DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR. Diploma thesis, IPDN.

[img]
Preview
Text
REPOSITORY M RIFKI DARMAWAN.pdf

Download (384kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penyelenggaraan urusan pemerintahan terutama pelayanan publik, dituntut untuk memaksimalkan pelayanan sejalan dengan perkembangan teknologi. Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai salah satu daerah dengan jumlah penduduk yang tinggi di Kalimantan Timur dan tersebar secara luas menyebabkan tidak semua masyarakat memiliki akses yang sama menuju kantor pemerintah dalam mengurus dokumen administrasi kependudukan dan 2 catatan sipil. Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Kartanegara melakukan suatu inovasi melalui sebuah Layanan Online D’LACAK ‘Digital Iayanan Administrasi percetakan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan, faktor penghambat, dan upaya yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kutai Kartanegara. Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif untuk mendeskripsikan pelaksanaan inovasi pelayanan online berdasarkan teori atribut inovasi pelayanan publik (Rogers dalam Ismail Nurdin, 2019;30-33) meliputi keuntungan relatif, kesesuaian, kerumitan, kemampuan uji coba dan dapat diamati yang sesuai observasi, wawancara dan fakta-fakta yang ada di lokasi penelitian. Hasil/Temuan: Hasil penelitian ini adalah pelayanan online D’LACAK termasuk dalam inovasi pelayanan publik yang berjalan dengan baik dalam meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan. Kesimpulan: Pelayanan online D’LACAK termasuk dalam inovasi pelayanan publik yang berjalan dengan baik dalam meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan. Faktor penghambatnya meliputi server down dan jaringan internet, keterbatasan sarana dan prasarana, anggaran, sumber daya manusia serta pemahaman masyarakat. Dinas ini telah melakukan beberapa upaya seperti melakukan pemeriksaan dan pengadaan sarana prasarana,sosialisasi, kordinasi dan manajemen kinerja serta bimbingan teknis kepada para pegawai. Koordinasi dan kerja sama antar Dinas ini dengan Pemerintah Daerah maupun pihak ketiga perlu ditingkatkan agar pelayanan online D’LACAK dapat berjalan lenih efektif dan efisien. Kata kunci: Inovasi; Pelayanan Onine; Administrasi Kependudukan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Demography and Civil Registration Studies
Depositing User: Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM
Date Deposited: 16 Jun 2022 03:31
Last Modified: 16 Jun 2022 03:31
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/9203

Actions (login required)

View Item View Item