EFEKTIVITAS PROGRAM COMMAND CENTER 112 DALAM MEMBANTU LAYANAN KEDARURATAN DI KOTA CIREBON PROVINSI JAWA BARAT

fadilah, rizky (2022) EFEKTIVITAS PROGRAM COMMAND CENTER 112 DALAM MEMBANTU LAYANAN KEDARURATAN DI KOTA CIREBON PROVINSI JAWA BARAT. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
RIZKY FADILAH SKRIPSI BR.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Problem Statement/ Background (GAP) :The importance of emergency services in people's lives is very necessary. With so many emergency incidents, the Cirebon City Government decided to hold the 112 Command Center Program as an emergency service. Research in this skripsi backed by phenomenan in providing the development of information and communication technology on the influence in various sectors in government. In connection with this, the researcher is interested in conducting research as mentioned above. Purpose: This study aims to see the effectiveness of the single number emergency call 112 in improving public services in the city of Cirebon. Methode: The research method used is descriptive qualitative with an inductive approach. The theory used is the effectiveness of Campbell and data collection techniques include interviews, observation and documentation.. Result: The results showed that the effectiveness of the Cirebon standby 112 service had been implemented but there were still some obstacles. The research was written using descriptive research with qualitative apporoach writer role as main instrument. Data collection techniques use observation, interviews, and documantion. Data analysys technique using data collection data reduction. Collection, data presentation, and coclusions checking the validity of observes, triangulation, and peer checking. Conclusion: so that in its implementation the existing system still needs to be improved as well as the need to improve the operational standards owned by the relevant agencies in order to maximize coordination between agencies. Keywords: Effectiveness, Emergency Services and E-Government ABSTRAK Permasalahan/ Latar Belakang (GAP): Pentingnya layanan kedaruratan dalam kehidupan masyarakat ialah sangatlah diperlukan. Dengan banyaknya kejadian kedaruratan maka Pemerintah Kota Cirebon memutuskan diselenggarakannya Program Command center 112 sebagai layanan kedaruratan. Berhubungan dengan perihal tersebut maka peneliti tertarik melakukan penelitian seperti yang disebutkan diatas. Kemajuan teknologi infomasi di era globalisasi berkembang dengan sangat pesat sertamemberikan manfaat luar biasa bagi masyarakat. Saat masyarakat dituntut untuk bisa menyesuaikan dengan segala dimensi kehidupan bernegaranya serta teknologi informasi dan komunikasi yang sudah modern. Revolusi Industri 4.0 di Indonesia membuat segala bentuk aspek bidang kehidupan dituntut untuk berproses serba cepat dan tepat dengan menggunakan perangkat teknologi. Demi mendukung pelaksanaan pelayanan publik yang baik, pemerintah daerah memerlukan fasilitas dan inovasi yang terbaru setiap harinya sehingga diharapkan dapatmendukung proses penyelenggaraan pemerintahan. Penyediaan pelayanan publik yang di sediakan oleh pemerintah tidak sedikit yang berubah ke arah digitalisasi, sehingga hal tersebutdapat merubah layanan pemerintah yang pada awalnya lamban menjadi lebih cepat karena adanya bantuan teknologi. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas dari Nomor tunggal panggilan kedaruratan 112 dalam meningkatkan pelayanan publik di Kota Cirebon. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif. Hasil/Temuan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas layanan Cirebon siaga 112 sudah terlaksana namun masih adabeberapa kendala. sehingga dalam pelaksanaannya sistem yang telah berjalan masih perlu untuk ditingkatkan serta perlunya meningkatkan standar operasional yang dimiliki antarinstansi terkait agar lebih memaksimalkan koordinasi antar instansi. Kata kunci: Efektivitas, Layanan darurat dan E-Government

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Sumatera Barat
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 15 Jun 2022 07:57
Last Modified: 15 Jun 2022 07:57
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/9183

Actions (login required)

View Item View Item