EVALUASI STANDAR PELAYANAN MINIMAL PENANGGULANGAN BENCANA PADA BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH KOTA KEDIRI PROVINSI JAWA TIMUR

persaja, galena ilma (2022) EVALUASI STANDAR PELAYANAN MINIMAL PENANGGULANGAN BENCANA PADA BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH KOTA KEDIRI PROVINSI JAWA TIMUR. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
Jurnal repository galena.pdf

Download (266kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): If an area does not have a good enough capacity in dealing with disasters, what happens is that the disaster will have a high threat impact and great vulnerability. Then the higher the impact of threats and the greater the impact of vulnerability, the higher the impact of losses incurred so that the potential for losses in the social, economic, physical, or environmental sectors. Purpose: The purpose of this study was to determine and analyze disaster management services at the Regional Disaster Management Agency of Kediri City by conducting an evaluation that was reviewed with 7 dimensions, namely context, input, process, product, outcomes, fulfillment of types, and quality of service needs. Method: The technique used in this research is the mixing method (qualitative and quantitative) with a descriptive research approach. In collecting data using several ways, namely interviews, observation, documentation, and questionnaires. Result: This analysis results (1) that the performance indicators of the Kediri City Disaster Management Agency for five years can be achieved, (2) the community's assessment product of the Kediri City BPBD service reaches an average of 4.4 or very satisfied (3) service fulfillment disaster management has been realized to the maximum (4) staff shortages and there is a shortage of assets supporting administrative work or services, (5) delivery of disaster-prone information that cannot be carried out optimally through the Destana forum, (6) administrative settlements that are still not optimal, and ( 7) the recipient of the assistance did not mention the criteria for the recipient and the determination of the target. Consclusion: Based on this, it is necessary to submit requests for employees and infrastructure as needed, design a contingency plan, ratify/legalize the 2020-2024 strategic plan that has been made, improve financial management performance, complete data needs with recipient and target data, and make a data recap for needs. disaster prevention and emergency logistics emergency response.. Keywords: Services, disaster management, Kediri City Regional Disaster Management Agency. ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Apabila suatu daerah tidak memiliki kapasitas yang cukup baik dalam mengatasi bencana maka yang terjadi adalah bencana tersebut akan menimbulkan dampak ancaman yang tinggi dan kerentanan yang besar. Maka semakin tinggi dampak ancaman dan semakin besar dampak kerentanan membuat semakin tinggi pula dampak kerugian yang ditimbulkan sehingga berpotensi kerugian dalam sektor sosial, ekonomi, fisik, ataupun lingkungan. Tujuan: Tujuan penelitian ini dilakukan yaitu untuk mengetahui dan menganalisis pelayanan penanggulangan bencana pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Kediri dengan melakukan evaluasi yang ditinjau dengan 7 dimensi yaitu konteks, input, proses, produk, outcomes, pemenuhan jenis, dan mutu pelayanan kebutuhan. Metode: Teknik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik metode mixing/campuran (kualitatif dan kuantitatif) dengan pendekatan penelitian deskriptif. Dalam mengumpulkan data-data menggunakan beberapa cara yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Hasil/Temuan: Analisis ini menghasilkan (1) bahwa capaian indikator kinerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Kediri selama lima tahun dapat tercapai,, (2) produk penilaian masyarakat terhadap pelayanan BPBD Kota Kediri mencapai angka rata-rata 4,4 atau sangat puas (3) pemenuhan pelayanan penanggulangan bencana telah terealisasi dengan maksimal (4) kekurangan pegawai dan terdapat kekurangan asset penunjang kerja administrasi ataupun pelayanan, (5) penyampaian informasi rawan bencana yang tidak dapat dilakukan secara maksimal melalui forum Destana, (6) penyelesaian administrasi yang masih belum maksimal, dan (7) penerima bantuan tidak menyebutkan kriteria penerima dan ketetapan sasaran. Kesimpulan: Berdasarkan hal tersebut diperlukannya mengajukan permintaan pegawai dan sarana prasarana sesuai kebutuhan, merancang Rencana Kontijensi, mengesahkan/melegalkan rancana strategis 2020-2024 yang sudah dibuat, meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan, melengkapi data kebutuhan dengan data penerima dan sasaran, dan membuat rekap data untuk keperluan kebutuhan pencegahan bencana dan kedaruratan logistik tanggap darurat.. Kata kunci: Pelayanan, penanggulangan bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Kediri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Manajemen Keamanan dan Keselamatan Publik FPM
Date Deposited: 16 Jun 2022 02:56
Last Modified: 16 Jun 2022 02:56
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/9125

Actions (login required)

View Item View Item