Barus, Karman Junio (2022) PENGARUH KUALITAS SISTEM DAN KUALITAS INFOMASI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA WEBSITE DISKOMINFO KOTA SAMARINDA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.
|
Text
REPOSITORY.pdf Download (510kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Era revolusi industri 4.0 merupakan eranya teknologi digital dan internet. Demi terciptanya tata kelola yang baik (good governance) maka dilakukan electronic government (e-government). Dalam menjalankan pelayanan pengaduan yang efektif maka Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Samarinda mengembangkan Website Diskominfo Kota Samarinda. Tapi, ada beberapa temuan dari beberapa konten yang tidak memiliki isi di dalamnya.. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besar pengaruh faktor kualitas sistem dan kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna website di Kota Samarinda dan dampak pengaruhnya dalam upaya meningkatkan kualitas webssite. Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian mixed methods dengan desain explanatory sequential. Pengambilan sampel kuantitatif . Hasil/Temuan: Temuan yang diperoleh penulis dalam penelitian ini yaitu kualitas sistem dan kualitas informasi memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keuasan pengguna baik secara parsial maupun secara simultan, meskipun masih terkendala dengan sistem dan pelayanan yang masih ada kekurangan. Kesimpulan: Kualitas sistem berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan pengguna sebesar 21,43% dengan derajat rendah. Selanjutnya kualitas layanan berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan pengguna sebesar 53,07% dengan derajat tinggi. Kemudian kualitas sistem dan kualitas layanan secara bersama-sama berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan pengguna sebesar 71,23% dengan derajat tinggi. Dampak pengaruh tersebut membuat masyarakat merasa nyasan dan percaya kepada pemerintah. Di sisi lain pihak Diskominfo akan semakin semangat untuk meningkatkan kualitas Website. Guna meningkatkan peran website sebagai wadah informasi yang akurat, disarankan untuk melakukan peningkatan fitur-fitur aplikasi, dan peran admin serta melakukan sosialisasi agar semakin efektif. Kata kunci: Kepuasan Pengguna Website DISKOMINFO, Kualitas Informasi Website DISKOMINFO, Kualitas Sistem Website DISKOMINFO
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP |
Date Deposited: | 15 Jun 2022 03:13 |
Last Modified: | 15 Jun 2022 03:13 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/9106 |
Actions (login required)
View Item |