PENINGKATAN MINAT MASYARAKAT DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI LAPAK ADUAN DI KABUPATEN BANYUMAS PROVINSI JAWA TENGAH (Studi Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika)

AKBAR, FERGI FIROSA (2022) PENINGKATAN MINAT MASYARAKAT DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI LAPAK ADUAN DI KABUPATEN BANYUMAS PROVINSI JAWA TENGAH (Studi Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika). Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
4. REPOSITORY_FERGI FIROSA AKBAR_29.0797_G2.pdf

Download (342kB) | Preview

Abstract

Penulis berfokus pada perkembangan teknologi informasi yang terjadi begitu pesat pada zaman sekarang sehingga sangat terasa dampaknya pada lingkungan pemerintah khususnya dalam proses digitalisasi pelayanan publik. Pemerintah Kabupaten Banyumas melalui Dinas Komunikasi dan Informatika sesuai tugas dan fungsinya yaitu untuk memfasilitasi penerapan teknologi informasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan juga menyelenggarakan layanan interaktif pemerintah dan masyarakat menciptakan ruang komunikasi publik bernama Lapak Aduan. Dalam pelaksanaannya Lapak Aduan yang menggunakan platform media sosial menjadi jembatan bagi masyarakat untuk dapat berinteraksi kepada masing masing perangkat daerah yang terkait dengan jangka waktu tanggapan kepada masyarakat maksimal 3 jam. Namun Lapak Aduan sendiri seringkali dalam merespon aduan masyarakat tidak memenuhi jangka waktu yang di tetapkan, kurangnya sosialisasi kepada masyarakat juga menyebabkan sedikitnya masyarakat yang menggunakan lapak aduan. Tujuan: Adapun tujuan dari penelitian skripsi kali ini adalah untuk menemukan penyebab kurangnya minat masyarakat pada aplikasi lapak aduan serta meningkatkan standar layanan lapak aduan. Metode: Metode penelitian yang digunakan pada skripsi ini yaitu kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Hasil daripada penelitian ini adalah aplikasi lapak aduan masih memiliki banyak kekurangan dilihat dari segi kebermanfaatannya dan juga kemudahan dalam menggunakannya lapak aduan masih dinilai kurang untuk memudahkan masyarakat dalam pelaksanaan pelayanan pengaduan berbasis digital, sehingga minat masyarakat dalam menggunakan lapak aduan masih rendah. Kesimpulan: Minat masyarakat dalam menggunakan aplikasi lapak aduan di Kabupaten Banyumas masih rendah dan perlu di lakukan sosialisasi yang berkala supaya masyarakat lebih dapat memanfaatkan kemudahan lapak aduan. Kata kunci: Digitalisasi, Pelayanan Pengaduan, Lapak Aduan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 15 Jun 2022 03:14
Last Modified: 15 Jun 2022 03:14
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/9102

Actions (login required)

View Item View Item