safera, rodikin amelinda (2022) ANALISIS PENGARUH KUALITAS WEBSITE “PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID)” TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN PEMALANG. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.
|
Text
JURNAL2 RODIKIN AMELINDA SAFERA 29.0847 G4.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Di era globalisasi sekarang ini pemanfaatan teknologi informasi sangat dibutuhkan masyarakat, Di Indonesia termasuk di Kabupaten Pemalang, penyampaian informasi dari pemerintah kepada masyarakat salah satunya adalah dengan memanfaatkan website Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang memiliki fungsi menyediakan informasi dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dapat diunduh oleh masyarakat. Tujuan: Penelitian bertujuan untuk mengetahui manfaat dari website PPID yang diukur dari pengaruh antara kualitas website PPID terhadap kepuasan pengguna website. Dengan adanya website PPID, maka perlu dilakukan penelitian mengenai kualitas website. Pada penelitian ini analisis kualitas website dilakukan menggunakan meodel Webqual 4.0 menurut Barnes dan Vidnes (2003) dengan tiga variabel yakni kualitas kegunaan, kualitas informasi, dan kualitas interaksi layanan yang akan diuji pengaruhnya kepuasan pengguna website sesuai dengan teori kepuasan pengguna oleh Doll dan Torkzadeh (Dasgupta 2014). Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mengambil populasi dari daftar pengunduh informasi melalui website PPID di Kabupaten Pemalang dengan jumlah sampel sebanyak 40 pengunduh dan pengumpulan data menggunakan kuesioner online dan dari hasil dokumen yang dikumpukan oleh penulis berdasarkan data yang diambil dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pemalang. Hasil kuesioner diolah dengan alat bantu SPSS versi 21. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil/Temuan: Berdasarkan hasil analisis, kesimpulan yang dapat diambil adalah kualitas kegunaan, kualitas informasi, dan kualitas interaksi layanan berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pengguna website PPID. Namun secara parsial kualitas kegunaan dan kualitas informasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna website PPID. Secara parsial hanya kualitas interaksi layanan yang berpengaruh terhadap kepuasan pengguna website PPID. Kata Kunci: Website PPID; Kualitas Kegunaan; Kualitas Infromasi; Kualitas Interaksi Layanan; Kepuasan Pengguna
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Campus > IPDN Kampus Jatinangor |
Depositing User: | Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP |
Date Deposited: | 14 Jun 2022 08:22 |
Last Modified: | 14 Jun 2022 08:22 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/9027 |
Actions (login required)
View Item |