EFEKTIVITAS APLIKASI PEJABAT PENGELOLAAN INFORMASI DAN DOKUMETASI DALAM PELAYANAN INFORMASI PUBLIK DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT

Pramesti, Anisa Anggun (2022) EFEKTIVITAS APLIKASI PEJABAT PENGELOLAAN INFORMASI DAN DOKUMETASI DALAM PELAYANAN INFORMASI PUBLIK DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
Anisa Anggun Pramesti_29.0343_EFEKTIVITAS APLIKASI PEJABAT PENGELOLAAN INFORMASI DAN DOKUMETASI DALAM PELAYANAN INFORMASI PUBLIK DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT.pdf

Download (404kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penulis berfokus pada permasalahan yang dialami masyarakat terkait pelayanan informasi publik yang diberikan pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat khususnya pelayanan melalui adanya Aplikasi PPID. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah melihat seberapa efektif penggunaan aplikasi PPID dalam memberikan pelayanan informasi public pada masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Barat serta memahami apa saja yang menjadi kendala serta upaya nya dengan lingkup penelitian berdasarkan aspek prosedur penggunaan Aplikasi PPID. Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dan informasi dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil/Temuan: Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Efektivitas Aplikasi Pejabat Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi dalam Pelayanan Informasi Publik di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tanjung Jabung Barat.Kesimpulan: Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara yang dilakukan, penulis menemukan efektivitas aplikasi pejabat pengelolaan informasi dan dokumentasi dalam pelayanan informasi publik di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tanjung Jabung Barat masih belum efektif karena masih terdapat banyak kekurangan dan hambatan dalam pelaksanaanya. Keterlambatan pengelolaan permohonan informasi melalui aplikasi PPID, masih kurang dalam pelaksanaan sosialisasi, kurangnya informasi terbaru, serta minimnya fasilitas sarana dan prasarana. Kata kunci: efektivitas, pejabat pengelolaan informasi dan dokumentasi, pelayanan informasi publik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 14 Jun 2022 07:19
Last Modified: 14 Jun 2022 07:19
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/8981

Actions (login required)

View Item View Item