EFEKTIVITAS PELAYANAN PERIZINAN MELALUI SIPTO DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN KUDUS PROVINSI JAWA TENGAH

DEWI, ANINDITA KARIMA (2022) EFEKTIVITAS PELAYANAN PERIZINAN MELALUI SIPTO DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN KUDUS PROVINSI JAWA TENGAH. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
ANINDITA KARIMA DEWI_29.0771_EFEKTIVITAS PELAYANAN PERIZINAN MELALUI SIPTO DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN KUDUS PROVINSI JAWA TENGAH.pdf

Download (287kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penulis berfokus pada permasalahan tingkat efektivitas pelayanan perizinan melalui SIPTO di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kudus. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana efektivitas pelayanan perizinan melalui SIPTO di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kudus Provinsi Jawa Tengah. Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif serta menggunakan teori efektivitas menurut Saxena. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Temuan yang diperoleh penulis dalam penelitian ini yaitu masih ditemukan adanya beberapa hambatan antara lain kurangnya pemahaman masyarakat mengenai cara menggunakan SIPTO, kurangnya jumlah pegawai pelayanan perizinan melalui SIPTO, dan banyaknya antrian dalam penerbitan dokumen perizinan melalui SIPTO. Kesimpulan: Pelayanan perizinan melalui SIPTO di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kudus belum efektif dilihat dari dimensi kualitas,kuantitas, dan waktu karena masih ditemukan beberapa hambatan antara lain kurangnya pemahaman masyarakat mengenai cara menggunakan SIPTO, kurangnya jumlah pegawai pelayanan perizinan melalui SIPTO, dan banyaknya antrian dalam penerbitan dokumen perizinan melalui SIPTO. Mengatasi hambatan tersebut upaya yang dilakukan yaitu melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai cara menggunakan SIPTO, menambah jumlah pegawai dalam pelayanan perizinan melalui SIPTO, dan menambah loket pelayanan perizinan melalui SIPTO. Kata kunci: Efektivitas, Pelayanan Publik, Perizinan, SIPTO.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Administrasi Pemerintahan Daerah FMP
Date Deposited: 14 Jun 2022 07:02
Last Modified: 14 Jun 2022 07:02
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/8944

Actions (login required)

View Item View Item