Kusniadi, Chandra Putra (2022) PENGARUH DIGITAL MARKETING DI ERA PANDEMI TERHADAP PENGEMBANGAN UMKM DI KOTA MANADO PROVINSI SULAWESI UTARA. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.
|
Text
NPP.29.1486-Chandra P. Kusniadi.pdf Download (366kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan/Latar Belakang/(GAP): Pada era pandemi membuat pemerintah Kota Manado mengambil langkah yang mengutamakan pemutusan rantai penyebaran virus COVID-19 dengan mengeluarkan kebijakan pembatasan kegiatan sosial. Dampak dari pembatasan yang ada dirasakan oleh para pelaku UMKM yang memengaruhi penurunan pendapatan, omzet, dan aset. Pada era modern seperti sekarang ini rata-rata manusia bergantung kepada teknologi. Digital marketing diciptakan pada tahun 1990-an dan mulai disukai di tahun 2000 sampai dengan saat ini karena kemudahan dalam penggunaannya. Bagi para pelaku usaha, digital marketing merupakan sarana pemasaran yang efisien dan efektif, serta memberikan kemudahan bagi konsumen. Adanya penggunan digital marketing bagi pelaku UMKM dapat membuat usaha berkembang pada era pandemi. Pengembangan UMKM adalah sekumpulan aktivitas untuk memperkuat penumbuhan iklim usaha, serta membina dan mengembangkan usaha yang sudah ada sehingga usaha kecil mampu memperkuat dirinya menjadi usaha yang tangguh dan mandiri serta dapat berkembang dan berkelanjutan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh digital marketing terhadap pengembangan UMKM di Kota Manado pada era pandemi. Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 23,375 UMKM, dengan menggunakan teknik non probability sampling dan formula Slovin, sampel penelitian ini berjumlah 125 responden. Analisis data berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji liniearitas, analisis regresi linier sederhana, uji t dan uji koefisien korelasi. Hasil/Temuan: Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan digital marketing berpengaruh signifikan terhadap pengembangan UMKM di Kota Manado. Berdasarkan uji koefisien korelasi diketahui bahwa digital marketing memiliki pengaruh sebesar 54,5% terhadap pengembangan UMKM di Kota Manado. Saran untuk Pelaku UMKM sebaiknya terus memperhatikan penggunaan digital marketing untuk meningkatkan pengembangan usaha yang dimiliki. Kata Kunci: Digital Marketing, Pengembangan UMKM, Pandemi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HF Commerce |
Depositing User: | Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat FPP |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 03:10 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 03:10 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/8936 |
Actions (login required)
View Item |