EDUKASI PELAKU USAHA MIKRO DALAM PROMOSI USAHA MELALUI MEDIA SOSIAL OLEH DINAS KOPERASI USAHA MIKRO KECIL USAHA MENENGAH DAN PERINDUSTRIAN DI KOTA METRO

PANGESTU, RILO PUTRA (2022) EDUKASI PELAKU USAHA MIKRO DALAM PROMOSI USAHA MELALUI MEDIA SOSIAL OLEH DINAS KOPERASI USAHA MIKRO KECIL USAHA MENENGAH DAN PERINDUSTRIAN DI KOTA METRO. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
Repository-Rilo Putra Pangestu-29.0573-Edukasi Pelaku Usaha Mikro Dalam Promosi Usaha Melalui Media Sosial Oleh Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Usaha Menengah dan Perindustrian di Kota Metro.pdf

Download (525kB) | Preview

Abstract

Penulis berfokus pada permasalahan yang masih banyaknya para pelaku usaha mikro atau para pelaku UMKM yang belum mampu memanfaatkan atau memaksimalkan media sosial sebagai sarana promosi produk yang dihasilkan oleh para pelaku usaha mikro yang ada di kota Metro. Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis mengenai peran Koperasi, Usaha Mikro Kecil Usaha Menengah dan Perindustrian dalam memberikan edukasi dan pelatihan kepada para pelaku usaha mikro serta kendala yang ditemukan serta upaya yang dilakukan oleh dinas terkait. Metode : Pada Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif serta analisis terhadap teori pengembangan kapasitas yang yang dikemukakan oleh Garlic dalam McGinty. Teknik pengumpulan data pada peneltian ini menggunakan 3 metode yaitu observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil/Temuan : Pada penelitian ini diperoleh temuan atau hasil yaitu pelatihan yang diberikan ,proses pengedukasian pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi serta kendala yang dihadapi dalam proses pengedukasian tersebut. Kesimpulan : Edukasi pelaku Usaha Mikro dalam promosi usaha melalui media sosial oleh Dinas KoperasiUsaha Mikro Kecil, Usaha Menengah, dan Perindustrian Kota Metro sudah berjalan dengan baik terbukti dari pelatihan pelatihan yang diberikan dan pemahaman yag ditanamkan dalam memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi produk UMKM kepada para pelaku UMKM akan tetapi perlu adanya peningkatan lagi dalam memberikan pelatihan supaya pelatihan pelatihan yang diberikan dapat tepat sasaran. Kendala yang ditemukan dalam proses pengedukasian pelaku usaha mikro dalam memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi yaitu masih rendahnya pengetahuan teknologi informasi yang ada dikalangan pelaku usaha mikro hal ini dikarenakan banyaknya pelaku usaha mikro sudah berumur lanjut, hal tersebut tentu menjadi kendala dalam proses pengedukasian. Kata Kunci : Pemberdayaan Masyarakat, edukasi Pelaku Usaha Mikro, Sosial Media, Kota Metro

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat FPP
Date Deposited: 14 Jun 2022 06:18
Last Modified: 14 Jun 2022 06:18
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/8912

Actions (login required)

View Item View Item