STRATEGI DISEMINASI PELAYANAN INFORMASI MASYARAKAT DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN OGAN ILIR PROVINSI SUMATERA SELATAN

Rahman, M.Rifki (2022) STRATEGI DISEMINASI PELAYANAN INFORMASI MASYARAKAT DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN OGAN ILIR PROVINSI SUMATERA SELATAN. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf

Download (935kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Perkembangan teknologi yang begitu cepat memberikan banyak dampak, terutama dampak negatif dalam diseminasi pelayanan informasi masyarakat. Ditambah covid-19 juga membuat strategi diseminasi pelayanan informasi masyarakat terhambat yang mengharuskan refocusing anggaran kegiatan Diskominfo. Kemudian dengan adanya perundangan-undangan yang mengharuskan pemerintah agar dapat memberikan pelayanan informasi yang berkualitas membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi diseminasi pelayanan informasi masyarakat Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ogan Ilir dalam pelayanan informasi masyarakat yang didalamnya terdiri dari faktor internal dan eksternal yang medukung maupun menghambat proses diseminasi pelayanan informasi masyarakat. Metode : Dalam metode penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dan dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kesimpulan : Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis dapat menarik kesimpulan yaitu faktor internal yang mendukung adalah SDM yang memadai, kapabilitas pimpinan, dan perkembangan teknologi, kemudian untuk yang menghambat adalah belum tersusun SOP pelayanan informasi, pelayanan yang belum memuaskan. Sedangkan untuk faktor eksternal yang mendukung adalah adanya Tol Palembang-Indrlaya, kota pusat pendidikan dan jasa, dan adanya otonomi daerah, kemudian untuk faktor penghambatnya adalah kesadaran demokrasi masyarakat yang belum baik ditambah dengan adanya covid-19.kemudian untuk strategi diseminasi dibagi menjadi 4 bagian yaitu strategi S-O,W-O, S-T,dan W-T. Saran : Adapaun saran darai penulis adalah perludisiapkan mekanisme SOP pelayanan Informasi, membentuk kesadaran masyarakat dengan kerjasama bersama masyarakat, dan pembentukan unit khusus pelayanan informasi. Kata Kunci : Strategi, Diseminasi, Pelayanan Informasi masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 14 Jun 2022 03:46
Last Modified: 14 Jun 2022 03:46
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/8889

Actions (login required)

View Item View Item