STRATEGI CYBER PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN LAYANAN KOMUNIKASI DAN INFORMASI PUBLIK MELALUI MEDIA SOSIAL DI DISKOMINFO KOTA PADANG

akbar, muhammad (2022) STRATEGI CYBER PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN LAYANAN KOMUNIKASI DAN INFORMASI PUBLIK MELALUI MEDIA SOSIAL DI DISKOMINFO KOTA PADANG. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
Muhammad Akbar_29.0221_Strategi cyber public relations Dinas Komunikasi dan Informatika dalam meningkatkan layanan komunikasi dan informasi publik melalui media sosial di Diskominfo Kota Padang.pdf

Download (324kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Problem Statement/Background: The author focuses on the problem of meeting the needs of public communication and information services from what initially moved manually or offline to now switch digitally or online for people in the city of Padang. Purpose: know the cyber public relations strategy of the Communication and Informatics Office in an effort to improve communication and public information services through social media in the city of Padang. Methods: This research uses descriptive qualitative method. Data collection techniques used in this thesis through the process of observation (observation), interviews and documentation. Results: Diskominfo's cyber public relations strategy in improving communication and public information services is to improve the quality of public information on each social media, renew the use of social media, increase information content in the form of videos, conduct journalistic training for employees, and add human resources. Conclusion: The cyber public relations strategy of the Department of Communication and Information Technology in improving communication and public information services through social media in the city of Padang has been good, but there are still some obstacles in its implementation. The advice that the author can give is to remain consistent in providing communication and public information services to the public through social media that has been done before. If communication and public information are of good quality, in the future, people will have more confidence in government agencies in conveying their information needs to the public. Keywords: Cyber Public, Social Media, Strategy ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang: Penulis berfokus pada permasalahan pemenuhan kebutuhan layanan komunikasi dan informasi publik dari yang awalnya bergerak secara manual atau offline sekarang beralih secara digital atau online bagi masyarakat di Kota Padang. Tujuan: mengetahui strategi cyber public relations Dinas Komunikasi dan Informatika dalam upaya meningkatkan layanan komunikasi dan informasi publik melalui media sosial di Kota Padang. Metode: Penelitian ini menggunakan metode Metode Kualitatif Deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam skripsi ini melalui proses observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Strategi cyber public relations Diskominfo dalam meningkatkan layanan komunikasi dan informasi publik yaitu meningkatkan kualitas informasi publik di setiap media sosial, memperbaharui penggunaan media sosial, memperbanyak konten informasi dalam bentuk video, Melakukan pelatihan jurnalistik kepada para pegawai, dan Penambahan sumber daya manusia. Kesimpulan: Strategi cyber public relations Dinas Komunikasi dan Informatika dalam meningkatkan layanan komunikasi dan informasi publik melalui media sosial di Kota Padang sudah bagus, tetapi masih ditemukan beberapa hambatan dalam pelaksanaannya. Saran yang bisa penulis berikan ialah tetap konsisten dalam memberikan pelayanan komunikasi dan informasi publik kepada masyarakat melalui media sosial yang sudah dilakukan sebelumnya. Apabila komunikasi dan informasi publik sudah berkualitas maka kedepannya masyarakat akan lebih percaya kepada instansi pemerintah dalam menyampaikan kebutuhan informasi kepada masyarakat Kata kunci: Cyber Public, Media Sosial, Strategi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 14 Jun 2022 03:47
Last Modified: 14 Jun 2022 03:47
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/8888

Actions (login required)

View Item View Item