TRIYANTO, MIGKEL (2022) KUALITAS PELAYANAN PENERBITAN AKTA PERKAWINAN BAGI MASYARAKAT ETNIS TIONGHOA DALAM MENINGKATKAN TERTIB ADMINISTRASI DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KUBU RAYA PROVINSI KALIMANTAN BARAT. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.
|
Text
MIGKEL TRIYANTO_29.1028_I2_KUALITAS PELAYANAN PENERBITAN AKTA PERKAWINAN BAGI MASYARAKAT ETNIS TIONGHOA DALAM MENINGKATKAN TERTIB ADMINISTRASI DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KUBU RAYA PROVINSI.pdf Download (196kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan akta perkawinan yang dilakukan khusus bagi masyarakat etnis Tionghoa oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kubu Raya sebagai bentuk dari pelayanan dan usaha untuk menertibkan administrasi khususnya dalam mencatatatkan perkawinan yang terjadi pada masyarakat etnis Tionghoa. Untuk meneliti hal tersebut penulis menggunakan alat analisis dari perspektif teoritis yaitu teori dari Lovelock dalam Hardiyansyah (2011:52) untuk mengukur kualitas pelayanan. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Teknik kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis dapat menyimpulkan kualitas pelayanan cukup optimal sehingga pelayanan pembuatan akta perkawinan bagi masyarakat etnis Tionghoa sudah cukup efektif. Adapun beberapa hambatan yang dialami oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kubu Raya ialah dikarenakan kurangnya alat transportasi untuk program jemput bola dan kurangnya SDM di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta kurangnya partisipasi dari masyarakat etnis Tionghoa itu sendiri dikarenakan masih kentalnya budaya dari nenek moyang. Adapun beberapa saran dari penulis kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kubu Raya agar memperhatikan kembali aspek-aspek yang dapat meningkatkan sarana dan prasarana, meningkatkan jumlah pegawai serta sosialisasi kepada pegawai maupun masyarakat agar pelayanan dapat dilaksanakan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Goverment Management > Demography and Civil Registration Studies |
Depositing User: | Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 05:47 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 05:47 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/8831 |
Actions (login required)
View Item |