EFEKTIVITAS PELAYANAN KEPENDUDUKAN BERBASIS APLIKASI SI PANDAN AYU PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DI KABUPATEN INDRAMAYU PROVINSI JAWA BARAT

AJI, ARIE PERMANA (2022) EFEKTIVITAS PELAYANAN KEPENDUDUKAN BERBASIS APLIKASI SI PANDAN AYU PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DI KABUPATEN INDRAMAYU PROVINSI JAWA BARAT. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
D3_29.0632_Arie Permana Aji_Repository Skripsi Efektivitas (Revisi Abstrak).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penelitian ini peneliti lebih memfokuskan pada pelaksanaan pengelolaan pelayanan pembuatan dokumen kependudukan secara online melalui aplikasi Si Pandan Ayu oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Indramayu dimana pelayanan publik harus bisa digitalisasi mengikuti perkembangan zaman revolusi industri 4.0. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan pengelolaan pelayanan pembuatan dokumen kependudukan secara online melalui aplikasi Si Pandan Ayu, mengetahui faktor penghambat, faktor pendukung, serta upaya atau solusinya. Metode: Peneliti memakai jenis penelitian kualitatif metode deskriptif dan pendekatan induktif. Metode pengumpulan data yang dipakai dengan melakukan wawancara, observasi secara langsung, dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Peneliti menemukan bahwa efektivitas pelayanan kependudukan berbasis aplikasi Si Pandan Ayu dalam pengelolaan pelayanan pembuatan dokumen kependudukan masyarakat belum efektif. Masih ada beberapa kekurangan seperti dilihat dari sumber daya manusia yang kurang, infrastruktur berupa ruangan khusus operator dan administrator Si Pandan Ayu, tindak lanjut dan respon pengajuan dokumen kependudukan yang terpantau lambat, dan kurangnya sosialisasi kepada masyarakat terkait adanya aplikasi ini dan tata cara pemakaian lebih lanjut dari aplikasi Si Pandan Ayu ini. Kesimpulan: Masih ada beberapa kekurangan seperti dilihat dari sumber daya manusia yang kurang, infrastruktur berupa ruangan khusus operator dan administrator Si Pandan Ayu, tindak lanjut dan respon pengajuan dokumen kependudukan yang terpantau lambat, dan kurangnya sosialisasi kepada masyarakat terkait adanya aplikasi ini dan tata cara pemakaian lebih lanjut dari aplikasi Si Pandan Ayu ini. Peneliti memberikan saran diantaranya: dapat lebih memberikan dan mengoptimalkan pelatihan dan penambahan pegawai khusus administrator Si Pandan Ayu pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Indramayu, menambah jumlah sarana dan prasarana penunjang pengelolaan aplikasi untuk pengajuan dokumen kependudukan, penegakan SOP yang telah dibuat, dan lebih mensosialisasikan lagi kepada masyarakat terkait keberadaan dan kegunaan aplikasi Si Pandan Ayu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Local Government Administration
Depositing User: Administrasi Pemerintahan Daerah FMP
Date Deposited: 14 Jun 2022 03:23
Last Modified: 14 Jun 2022 03:23
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/8804

Actions (login required)

View Item View Item