STRATEGI DINAS KOPERASI UMKM PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN CIANJUR JAWA BARAT

WULANDARI, INDRIANI (2022) STRATEGI DINAS KOPERASI UMKM PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN CIANJUR JAWA BARAT. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
INDRIANI WULANDARI_29.0661_STRATEGI DINAS KOPERASI UMKM PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN CIANJUR JAWA BARAT.pdf

Download (279kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Situasi pandemi Covid-19 memberikan dampak yang sangat buruk bagi para pelaku UMKM. berbagai dampak dirasakan seperti Penurunan omzet, pengurangan tenaga kerja, bahkan ada juga yang memilih untuk menghentikan proses produksinya. Hal ini berbanding lurus dengan pendapat UMKM yang tentunya ikut menurun. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi yang tepat dari Dinas Koperasi UMKM perdagangan dan perindustrian Kabupaten Cianjur dalam meningkatkan pendapatan UMKM pada masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Adapun metode yang digunakan ialah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis data yang didapatkan menggunakan analisis Matriks SWOT sehingga akan didapat beberapa strategi peningkatan pendapatan UMKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan pendapatan UMKM oleh Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian dinilai sudah cukup baik namun masih ditemukan beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki. Dengan analisis SWOT, penulis mendapati dua belas strategi yang dapat digunakan dalam menigkatkan pendapatan UMKM pada masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Berdasarkan hasil analisis tersebut penulis menyarankan tiga upaya yakni memberikan pelatihan berkelanjutan untuk mengembangkan sumber daya pelaku UMKM, kemudahan pembuatan izin usaha bagi pelaku UMKM, dan galeri UMKM sebagai upaya promosi produk UMKM Kabupaten Cianjur. Kata Kunci: UMKM, Strategi, Pendapatan, Pandemi Covid-19. ABSTRACT The COVID-19 pandemi situation has had a very bad impact on SMEs. Various impacts were felt, such as a decrease in turnover, a reduction in the workforce, and some even chose to stop the production process. This is directly proportional to the opinion of MSMEs which of course also decreases. This research was conducted to find out the right strategy from the Industry and Trade Cooperatives Office in Cianjur Regency in increasing MSME income during the Covid-19 pandemi in Cianjur Regency, West Java. The method used is descriptive qualitative research method using an inductive approach. Data collection techniques through interviews, observation and documentation. To analyze the data obtained, use the SWOT Matrix analysis so that several strategies for increasing MSME income will be obtained. The results showed that the increase in MSME income by the Industry and Trade Cooperatives MSME Service was considered good enough but there were still some shortcomings that needed to be improved. With a SWOT analysis, the authors found twelve strategies that can be used to increase MSME income during the Covid-19 pandemi in Cianjur Regency, West Java. Based on the results of the analysis, the authors suggest three efforts, namely providing continuous training to develop the resources of MSME actors, facilitating business licenses for MSME actors, and MSME galleries as an effort to promote MSME products in Cianjur Regency. Keywords: MSMEs, Strategy, Income, Covid-19 Pandemi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Keuangan Publik FMP
Date Deposited: 15 Jun 2022 02:18
Last Modified: 15 Jun 2022 02:18
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/8680

Actions (login required)

View Item View Item