KUALITAS PELAYANAN PADA PERSETUJUAN BANGUNAN GEDUNG (PBG) DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) KABUPATEN PASER PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Nugraha, Rahmatullah Surya (2022) KUALITAS PELAYANAN PADA PERSETUJUAN BANGUNAN GEDUNG (PBG) DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) KABUPATEN PASER PROVINSI KALIMANTAN TIMUR. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img] Text
KUALITAS PELAYANAN PADA PERSETUJUAN BANGUNAN GEDUNG DI DPMPTSP KABUPATEN PASER PROVINSI KALIMANTAN TIMUR.docx

Download (475kB)

Abstract

ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): The increase in population coupled with the planned relocation of the state capital to East Kalimantan also has an impact on increasing development in the area surrounding the planned state capital. Good service is very much needed, especially in licensing for constructing buildings based on Government Regulation No. 16 of 2021 concerning the Implementation of Law No. 28 of 2002 concerning Buildings. Purpose: This study aims to know the guideance to build a building based on Government Regulation No. 16 of 2021 concerning the Implementation of Law No. 28 of 2002. Method: The research design used is qualitative research with descriptive methods and inductive approaches, data collection techniques through interviews, observation, and documentation. Result: he results of the study indicate that there is a lack of synchrony between the regulations that should be guided in carrying out the service process to the community, coupled with the insufficient competence of employees in operating the existing facilities. Conclusion: By encouraging the making of regional regulations that technically regulate PBG services and also providing training for employees, it is hoped that it can improve the quality of services in the Paser Regency DPMPTSP. Keywords: Development, Service, Quality of Service, licensing, Servqual. ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Peningkatan jumlah penduduk ditambah dengan rencana pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur juga berdampak pada meningkatnya pembangunan di daerah sekitaran daerah rencana Ibu kota negara. Sangat diperlukan pelayanan yang baik khususnya pada perizinan untuk mendirikan banguanan gedung yang berpedoman pada Peraturan Pemerintah No.16 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perizinan untuk mendirikan banguanan gedung yang berpedoman pada Peraturan Pemerintah No.16 Tahun 2021. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode deskriptif dan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.. Hasil/Temuan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya ketidak sinkronan antara peraturan yang seharusnya dipedomani dalam menjalankan proses pelayanan kepada masyrakat, ditambah juga dengan tidak tercukupinya kompetensi pegawai dalam pengoperasian sarana yang ada. Kesimpulan: Dengan mendorong pembuatan peraturan daerah yang mengatur secara teknis tentang pelayanan PBG dan juga pengadaan pelatihan bagi pegawai diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan yang ada di DPMPTSP Kabupaten Paser. Kata kunci: Pembangunan, Pelayanan, Kualitas Pelayanan, Perizinan, Servqual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Goverment Management > Local Government Administration
Depositing User: Administrasi Pemerintahan Daerah FMP
Date Deposited: 20 Jun 2022 02:00
Last Modified: 20 Jun 2022 02:00
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/8527

Actions (login required)

View Item View Item