PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK KOTA ADMINISTRASI JAKARTA BARAT

Safira, Nanda Miranda (2022) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK KOTA ADMINISTRASI JAKARTA BARAT. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
4. REPOSITORY_NANDA MIRANDA_29.0832_G2.pdf

Download (338kB) | Preview

Abstract

Pelayanan publik merupakan satu dari tiga fungsi pemerintahan dalam mencapai tujuan negara. Menurut Survey Kepuasan Kinerja Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, pelayanan publik di Kota Administrasi Jakarta Barat masih sangat kurang dan belum maksimal. Hal ini ditandai dengan perolehan nilai IKM sebesar 3,12 poin pada peringkat terendah setara dengan Kabupaten Kepulauan Seribu serta penyelenggaraan program pelayanan pemerintah belum sesuai dengan harapan masyarakat. Kemudian, masih banyak masyarakat Kota Jakarta Barat yang belum memahami dan mengetahui program pelayanan dari pemerintah dikarenakan penyebaran informasi publik yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelayanan publik, mengkaji faktor penghambat kualitas pelayanan publik, dan memahami pemanfaatan media sosial Instagram Pemerintah Kota Jakarta Barat dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik Kota Administrasi Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif. Peneliti mendekripsikan kualitas pelayanan publik di Jakarta Barat, mengidentifikasi faktor penghambat, serta menggambarkan pemanfaatan media sosial Instagram dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik oleh Suku Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Jakarta Barat berdasarkan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu pelayanan publik di Jakarta Barat dalam penyelenggaraannya berjalan dengan baik dan berhasil merespon pengaduan masyarakat dengan baik. Faktor penghambat meliputi banyaknya populasi calo dan penyebaran informasi pelayanan yang sangat minim. Selanjutnya, pemanfaatan media sosial dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik masih belum maksimal dan perlu memperbaiki keempat dimensi berdasarkan teori pemanfaatan media menurut Chris Heuer, diantaranya dimensi Context, Communication, Collaboration, dan Connection.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Smart City Information Management
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 15 Jun 2022 06:10
Last Modified: 15 Jun 2022 06:10
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/8472

Actions (login required)

View Item View Item