PERSEPSI MASYARAKAT PADA APLIKASI SIPENDUK ONLINE DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SEMARANG

SETIAWAN, SINTIA RURIA (2022) PERSEPSI MASYARAKAT PADA APLIKASI SIPENDUK ONLINE DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SEMARANG. Diploma thesis, IPDN.

[img]
Preview
Text
SINTIA RURIA_29.0855_REPOSITORY FIX.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): (Contains the background behind the research). The existence of many benefits and conveniences from online population administration services makes the Regional Government through the Population and Civil Registration Service utilize information technology to improve the quality of population administration services during the Covid-19 Pandemic by launching application programs. One of them is the Semarang Regency Population and Civil Registration Service which has a Population Administration Service application under the name Sipenduk Online. Purpose: aimed at knowing public perceptions of the Sipenduk Online application in Population Administration Services and analyzing implementation constraints to find out the best solution. Methode: This study uses descriptive qualitative research methods with an inductive approach, where the authors obtain data by means of interviews, observation and documentation Result: The public perception of the Sipenduk Online application has not fully fulfilled the two aspects of the Technology Acceptance Model theory but in general it has fulfilled, only a few indicators have not worked well, namely the effectiveness indicator, Easy to Learn, Clear and Understandable and the Easy to Master indicator. This happened because several obstacles were found, including the public did not know about the Sipenduk online application and the lack of public awareness in managing population documents, the existence of areas that were not detected by signals, the internet network on the server was unstable, and the ability of human resources in mastering technology was still lacking.Conclusion: Public perception of the Sipenduk Online application as a whole out of 10 indicators, there are still 4 indicators that have not fully worked well. The suggestions given are conducting socialization through various media, collaborating with Disdukcapil and Kominfo, checking the network system regularly, and providing assistance from the government to people who have difficulty using Sipenduk Online Keywords: Online Sipenduk Application, Population Administration, Public Perception ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): (Berisi background yang melatarbelakangi penelitian). Adanya banyak manfaat dan kemudahan dari pelayanan administrasi kependudukan secara daring membuat Pemerintah Daerah melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan pada masa Pandemi Covid-19 dengan meluncurkan program aplikasi. Salah satunya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Semarang memiliki sebuah aplikasi Pelayanan Administrasi Kependudukan dengan nama Sipenduk Online Tujuan: untuk mengetahui persepsi masyarakat pada aplikasi Sipenduk Online dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan serta menganalisis kendala pelaksanaannya agar ditemukan upaya untuk mengatasinya.Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif, dimana penulis mendapatkan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil/Temuan: Persepsi masyarakat pada aplikasi Sipenduk Online belum sepenuhnya memenuhi dua aspek dalam teori Model Penerimaan Teknologi namun secara garis besar telah memenuhi, hanya beberapa indikator yang belum berjalan dengan baik yaitu indikator efektivitas, Mudah untuk Dipelajari, Jelas dan Dapat Dipahami serta pada indikator Mudah Dikuasai. Hal ini terjadi karena masih ditemukan beberapa kendala diantaranya masyarakat belum mengetahui adanya aplikasi Sipenduk online dan kurangnya kesadaran masyarakat dalam pengurusan dokumen kependudukan, adanya wilayah yang tidak terdeteksi sinyal, jaringan internet pada server tidak stabil, dan kemampuan sumber daya manusia dalam penguasaan teknologi masih kurang.. Kesimpulan: Persepsi masyarakat pada aplikasi Sipenduk Online secara keseluruhan dari 10 indikator masih terdapat 4 indikator yang belum sepenuhnya berjalan dengan baik. Adapun saran yang diberikan yaitu melakukan sosialisasi melalui berbagai media, kerja sama disdukcapil dengan dinas kominfo, melakukan pengecekan sistem jaringan secara rutin, dan pemberian pendampingan dari pemerintah kepada masyarakat yang kesulitan dalam penggunaan Sipenduk Online Kata kunci: Aplikasi Sipenduk Online, Administrasi Kependudukan, Persepsi Masyarakat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM
Date Deposited: 10 Jun 2022 07:47
Last Modified: 10 Jun 2022 07:47
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/8430

Actions (login required)

View Item View Item