KUALITAS PELAYANAN TERPADU PADA PENYELENGGARAAN MAL PELAYANAN PUBLIK DI KABUPATEN BANYUMAS

Vaelovexsia, Rosalia Trixsi (2022) KUALITAS PELAYANAN TERPADU PADA PENYELENGGARAAN MAL PELAYANAN PUBLIK DI KABUPATEN BANYUMAS. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
RINGKASAN SKRIPSI PRAJA (ROSALIA TRIXSI VAELOVEXSIA_29.0850_KUALITAS PELAYANAN TERPADU PADA PENYELENGGARAAN MAL PELAYANAN PUBLIK DI KABUPATEN BANYUMAS).pdf

Download (313kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penyelenggaraan tata kelola pemerintahan yang baik di Indonesia ditandai dengan terwujudnya pelayanan publik yang berkualitas bagi masyarakat. Salah satu cara yang telah pemerintah lakukan untuk meningkatkan pelayanan publik yaitu dengan mendorong seluruh elemen pemerintahan untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang kemudian dijabarkan dengan dicanangkannya sebuah konsep pelayanan terpadu melalui penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik sebagai jalan pintas dalam mewujudkan pelayanan prima dengan pengelolaan pelayanan publik yang terintegrasi dari segala jenis pelayanan dalam satu tempat. Kabupaten Banyumas sendiri menjadi pelopor di Jawa Tengah untuk pendirian Mal Pelayanan Publik. Namun dalam pelaksanaannya, masih ditemukan adanya masalah dimana penggunaan MPP di Kabupaten Banyumas belum optimal. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana kualitas pelayanan terpadu dalam penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik di Kabupaten Banyumas. Metode: Penelitian ini menggunakan metode jenis deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan gabungan/triangulasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data di lapangan model Miles & Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau gambaran kesimpulan. Peneliti menggunakan criterion-based selection (seleksi berdasarkan kriteria tertentu) dalam memilih informan. Hasil/Temuan: Hasil yang diperoleh peneliti dalam penelitian ini yaitu pelayanan terpadu pada penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik di Kabupaten Banyumas terbilang sudah cukup berkualitas namun belum bisa dikatakan sangat berkualitas, hal ini dikarenakan masih ditemukan adanya beberapa kendala dalam pelaksanaan penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik di Kabupaten Banyumas. Kesimpulan: Pelayanan Terpadu pada Penyelenggaran Mal Pelayanan Publik di Kabupaten Banyumas dapat dikatakan cukup berkualitas, hanya saja dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa kendala yang menyebabkan terhambatnya pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Kata kunci: Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan, Mal Pelayanan Publik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Local Government Administration
Depositing User: Administrasi Pemerintahan Daerah FMP
Date Deposited: 13 Jun 2022 05:40
Last Modified: 13 Jun 2022 05:40
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/8404

Actions (login required)

View Item View Item