EVALUASI KEBIJAKAN PROGRAM BANYUASIN CERDAS OLEH DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN BANYUASIN PADA TINGKAT SMP/SEDERAJAT

Martarech, Muhammad Ikrar (2022) EVALUASI KEBIJAKAN PROGRAM BANYUASIN CERDAS OLEH DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN BANYUASIN PADA TINGKAT SMP/SEDERAJAT. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
MUHAMMAD IKRAR MARTARECH_29.0422_B3_JURNAL.pdf

Download (395kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Melalui misi pemerintah Kabupaten Banyuasin yang salah satunya adalah meningkatkan sumber daya Banyuasin yang berdaya saing tinggi melalui pendidikan dan kesehatan yang berkualitas, maka pemerintah membuat Program Banyuasin Cerdas. Salah satu sasaran Program Banyuasin Cerdas yakni program pendidikan menengah masih ada target yang belum tercapai. Misalnya, pada angka melanjutkan dari SMP ke SMA tiap tahunnya tidak mencapai target yang telah ditentukan, yang mana pada tahun 2020 ditargetkan 100% tetapi hanya mencapai 75,90%. Selanjutnya Angka DO pada SMP/Sederjat juga tiap tahunnya tidak mencapai target yaitu 1,07% namun hanya tercapai 0,15%. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan kebijakan Program Banyuasin Cerdas oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaaan Kabupaten Banyuasin pada tingkat SMP/sederajat lalu melakukan evaluasi terhadap pelaksanaannya. Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Informan pada penelitian ini ditentukan berdasarkan dari orang yang memiliki pemahaman yang berkaitan langsung dengan masalah yang peneliti sedang lakukan atau teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil/Temuan: Berdasarkan data yang ada pada latar belakang menunjukkan bahwa target dari program pendidikan menengah belum tercapai. Persentase pendidikan menengah Kabupaten Banyuasin tiap tahunnya belum mencapai target, namun mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya. Dalam mengatasi kendala yang ada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banyuasin telah memiliki beberapa upaya yakni dengan mengoptimalkan penyaluran dana BOS guna membantu masyarakat meringankan beban biaya pendidikan melalui program sekolah gratis serta melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya pendidikan bagi setiap individu guna peningkatan minat masyarakat terhadap pendidikan. Dilihat dari pencapaian tiap tahun yang terus mengalami peningkatan, meskipun masih ada target yang belum tercapai. Kesimpulan: Pelaksanaan program Banyuasin Cerdas pada program pendidikan menengah telah dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang ada serta mendapat dukungan dan antusiasme yang tinggi dari masyarakat namun memang memiliki beberapa kendala yakni masih kurangnya kesadaran masyarakat Banyuasin akan pentingya pendidikan dan faktor ekonomi membuat siswa atau anak usia pelajar tidak melanjutkan sekolahnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Politics and Government > Public Policy Studies
Depositing User: Kebijakan Publik FPP
Date Deposited: 09 Jun 2022 05:54
Last Modified: 09 Jun 2022 05:54
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/8250

Actions (login required)

View Item View Item