Putera, M. Nurdin Sudharna (2022) EFEKTIVITAS APLIKASI LAPOR! DALAM PENGELOLAAN PENGADUAN MASYARAKAT DI KABUPATEN TANAH LAUT PROVINSI KALIMANTAN SELATAN. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.
|
Text
RINGKASAN SKRIPSI NURDIN.pdf Download (209kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan/Latar Belakang: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi pada penerapan aplikasi LAPOR! sebagai media pengelolaan pengaduan masyarakat Kabupaten Tanah Laut yang ternyata masih terdapat kendala dalam pelaksanaannya, sehingga belum sepenuhnya efektif dilaksanakan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas aplikasi LAPOR! dalam pengelolaan pengaduan masyarakat di Kabupaten Tanah Laut, mengetahui kendala pemerintah dalam mencapai efektivitas aplikasi LAPOR! dalam pengelolaan pengaduan masyarakat dan upaya yang dilakukan pemerintah daerah untuk mengefektifkan aplikasi LAPOR! dalam pengelolaan pengaduan masyarakat di Kabupaten Tanah Laut. Metode: Desain penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan metode deskriptif dengan pendekatan induktif. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil/Temuan: Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Kabupaten Tanah Laut, dengan menggunakan teori Duncan yang menjelaskan efektivitas dapat diukur dengan 3 (tiga) dimensi yaitu pencapaian tujuan, integrasi dan adaptasi menyebutkan bahwa aplikasi LAPOR! yang digunakan sebagai media pelaporan pengaduan masih belum banyak digunakan oleh masyarakat. Pemahaman dan kesadaran masyarakat masih sangat rendah mengenai pengelolaan pengaduan masyarakat dengan memanfaatkan aplikasi LAPOR! sehingga penerapannya belum sepenuhnya efektif. Kesimpulan: Pengelolaan pengaduan masyarakat di Kabupaten Tanah Laut melalui aplikasi LAPOR! sudah cukup efektif apabila dilihat dari indikator-indikator menurut dimensi pencapaian tujuan, integrasi dan adaptasi. Pelaksanaan program LAPOR! dipengaruhi oleh kendala dan hambatan yang terkait dengan penerapan aplikasi tersebut. Dari beberapa hambatan tersebut diharapkan pemerintah daerah Kabupaten Tanah Laut melalui Dinas Komunikasi dan Informatika dapat mengoptimalkan penerapannya dengan melakukan komunikasi yang baik dengan antar pejabat pimpinan instansi dan dinas di Kabupaten Tanah Laut, membuat peraturan yang jelas terkait penentuan pengelola aplikasi LAPOR! dalam melaksanakan pengelolaan pengaduan masyarakat, serta meningkatkan sosialisasi terkait pengelolaan pengaduan masyarakat melalui aplikasi LAPOR! sebagai media pelaporan yang dilakukan secara bertahap. Kata Kunci : Efektivitas, Aplikasi LAPOR!, Pengelolaan pengaduan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Goverment Management > Smart City Information Management |
Depositing User: | Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 04:30 |
Last Modified: | 09 Jun 2022 04:30 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/8237 |
Actions (login required)
View Item |