PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN TINGKAT DESA MELALUI SISTEM INFORMASI REGISTRASI PENDUDUK (SIREP) OLEH DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TEGAL

IKHLASI, NOVIANTIKA (2022) PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN TINGKAT DESA MELALUI SISTEM INFORMASI REGISTRASI PENDUDUK (SIREP) OLEH DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TEGAL. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
NOVIANTIKA IKHLASI_29.0834_PELAYANAN ADMINDUK TINGKAT DESA MELALUI SIREP OLEH DISDUKCAPIL KABUPATEN TEGAL.pdf

Download (255kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penulis berfokus pada permasalahan masih terdapatnya desa/kelurahan yang belum melaksanakan pelayanan administrasi kependudukan tingkat desa melalui Sistem Informasi Registrasi Penduduk (SIREP). Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan dari pelayanan administrasi kependudukan tingkat desa melalui Sistem Informasi Registrasi Penduduk (SIREP). Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif dan analisis terhadap kualitas pelayanan menurut Teori Sinambela. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan administrasi kependudukan tingkat desa melalui Sistem Informasi Registrasi Penduduk (SIREP) oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tegal sudah berjalan dengan baik karena sudah sesuai dengan indikator pelayanan prima dari Teori Sinambela. Kesimpulan: Berdasarkan analisis pelayanan ini telah berjalan dengan baik dan berkualitas. Namun dalam pelayanan ini masih terdapat faktor penghambat yakni SDM yang terbatas, kurangnya kesadaran masyarakat mengenai tertib administrasi kependudukan, jaringan internet kurang stabil serta sarana dan prasarana di kantor desa yang kurang memadai sehingga pelayanan belum dapat dilayani di seluruh desa di Kabupaten Tegal. Guna tercapainya pelayanan yang sesuai target dan tujuan pelayanan tersebut, disarankan untuk mengoptimalkan pelayanan dan melakukan giat sosialisasi kepada masyarakat agar dapat meningkatkan minat masyarakat dalam kepemilikan dokumen kependudukan. Kata Kunci: Pelayanan, Administrasi Kependudukan, SIREP

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM
Date Deposited: 09 Jun 2022 06:26
Last Modified: 09 Jun 2022 06:26
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/8194

Actions (login required)

View Item View Item