EVALUASI PELAKSANAAN PELAYANAN KTP ELEKTRONIK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN POLEWALI MANDAR PROVINSI SULAWESI BARAT

Hindi, St Asmarani (2022) EVALUASI PELAKSANAAN PELAYANAN KTP ELEKTRONIK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN POLEWALI MANDAR PROVINSI SULAWESI BARAT. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
St Asmara Hindi_29.1961_Evaluasi Pelaksanaan Pelayanan KTP Elektronik Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat.pdf

Download (287kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penulis berfokus pada permasalahan berupa hasil capaian dari rekam data bagi penduduk yang wajib KTP di Kabupaten Polewali Mandar yang belum melakukan perekaman sebanyak 53.019 warga yang terbagi di 16 kecamatan belum melakukan perekaman e-KTP dari jumlah pemilu sebanyak 303.864 jiwa. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalis, dan mengkaji mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi pelaksanaan pelayanan serta upaya mengatasi hambatan dalam pelaksanaan pelayanan KTP Elektronik yang dilakukan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kualitatif dengan wawancara yang selanjutkan akan diolah menjadi data. Penelitian dilakukan dengan memperoleh informasi dengan model Operasionalisasi Konsep terkait isi dan evaluasi kebijakan pelaksanaan pelayanan KTP Elektronik yang telah ada kemudian ditarik sebuah kesimpulan. Instrumen dalam penelitian ini adalah (1)Human Instrumen, (2) Lembar Observasi dan (3)Panduan Wawancara. Hasil/Temuan: Temuan yang diperoleh penulis dalam penelitian ini yaitu evaluasi pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dalam pelaksanaan pelayanan KTP elektronik sudah berjalan dengan baik. Kesimpulan:dalam pelaksanaan pelayanan KTP elektronik sudah berjalan dengan baik. Faktor-faktor penghambat pelaksanaan pelayanan KTP elektronik yaitu masyarakat kekurangan informasi, kebersediaan masyarkat masih kurang, sarana dan prasarana yang kurang mendukung sedangkan faktor pendukungnya yaitu kerja sama tim Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang cukup baik sehingga masyarakat ikut mendukung program KTP elektronik. Kata Kunci : Pelayanan Publik, KTP Elektronik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Kebijakan Publik FPP
Date Deposited: 04 Jul 2022 06:56
Last Modified: 04 Jul 2022 06:56
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/8185

Actions (login required)

View Item View Item