ANALISIS PERBAIKAN PELAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT BELITUNG SALURAN ASPIRASI DAN PENGADUAN (BESADU) DI KABUPATEN BELITUNG (STUDI PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA)

Qomara, Erlang (2022) ANALISIS PERBAIKAN PELAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT BELITUNG SALURAN ASPIRASI DAN PENGADUAN (BESADU) DI KABUPATEN BELITUNG (STUDI PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA). Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
Ringkasan Skripsi_Erlang Qomara_NPP. 29.0458_TRIP.pdf

Download (695kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Pelayanan pengaduan yang sudah dilakukan secara online seharusnya dapat direspons dengan cepat oleh Perangkat Daerah, namun sebaliknya respons Perangkat Daerah terhadap pengaduan masih ada yang lambat. Salah satunya yaitu Perangkat Daerah Kabupaten Belitung. Website BESADU yang dikelola oleh Dinas Kominfo Kabupaten Belitung memiliki beberapa kendala. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab lambatnya respons Perangkat Daerah terhadap pengaduan dari masyarakat dan untuk meningkatkan tampilan website BESADU yang sesuai dengan kebutuhan pengguna (user). Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Temuan yang diperoleh penulis dalam penelitian ini yaitu masih ada pengaduan dari masyarakat yang lambat direspons oleh Perangkat Daerah yang disebabkan oleh beberapa hal, serta website BESADU belum mempunyai fitur penggolongan pengaduan berdasarkan kategori tertentu dan belum mempunyai fitur kolom bantuan serta kemampuan respons dari website masih kurang. Kesimpulan: Penyebab dari lambatnya respons Perangkat Daerah terhadap pengaduan disebabkan karena isi pengaduan yang disampaikan oleh pengadu tidak jelas maksud pengaduannya, adanya kesalahan teknis dari operator admin BESADU dan Perangkat Daerah yang terkait, pengaduan tersebut ada yang mengandung unsur SARA, pengaduan tersebut diluar dari kewenangan Perangkat Daerah Kabupaten Belitung, proses penyelesaian pengaduan tersebut membutuhkan anggaran keuangan. Website BESADU secara keseluruhan belum menampilkan website yang sesuai dengan kebutuhan pengguna (user), karena belum memenuhi kriteria clarity, concision, familiarity, responsiveness, concistency, aesthetics, efficiency, dan forgiveness.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 13 Jun 2022 03:57
Last Modified: 13 Jun 2022 03:57
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/8153

Actions (login required)

View Item View Item