EFEKTIVITAS COMMAND CENTER SEBAGAI PUSAT PENGENDALI PENANGGULANGAN KEADAAN DARURAT DAN BENCANA DI KOTA SAMARINDA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Prayogo, Dimas (2022) EFEKTIVITAS COMMAND CENTER SEBAGAI PUSAT PENGENDALI PENANGGULANGAN KEADAAN DARURAT DAN BENCANA DI KOTA SAMARINDA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
DIMAS PRAYOGO_29.1120_EFEKTIVITAS COMMAND CENTER SEBAGAI PUSAT PENGENDALI PENANGGULANGAN KEADAAN DARURAT DAN BENCANA DI KOTA SAMARINDA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR(Studi Kasus Layanan Samarinda Siaga 11.pdf

Download (249kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Efektivitas adalah suatu ukuran untuk melihat keberhasilan dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Untuk menciptakan pelayanan publik yang baik maka perlu mencapai tingkat efektivitas yang baik untuk itu peneliti melakukan penelitian terkait Efektivitas Command Center sebagai pusat pengendali penanggulangan keadaan darurat dan bencana di Kota Samarinda Tujuan: guna melihat tingkat efektivitas, menganalisis faktor penghambat dan memberikan rekomendasi strategi pengembangan layanan untuk meningkatkan efektivitas layanan penanggulangan keadaan darurat dan bencana di Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur. Penelitian ini menggunakan teori Efektivitas Pelayanan yang dikemukakan Sondang P. Siagian (2003:27) dan untuk menentukan elemen dalam mengukur efektivitas menggunakan teori Ukuran Efektivitas dari Hessel Nogi S. Tangkilisan (2005:141). Metode: Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penilitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data mengadopsi teknik analisis data kualitatif berdasarkan teori Miles, Hubberman & Saldana (2014:31). Hasil/Temuan: Berdasarkan penelitian yang dilakukan disimpulkan bahwa efektivitas Command Center khususnya layanan Samarinda Siaga 112 sebagai pusat pengendali penanggulangan keadaan darurat dan bencana di Kota Samarinda belum efektif. Hal ini dapat dilihat dari masih terdapat permasalahan dalam penataan sumber daya manusia (SDM) yang buruk, alokasi anggaran yang kurang baik, buruknya koordinasi antar Samarinda Siaga 112 dan OPD/instansi terkait serta maraknya laporan palsu (prank/fake call). Kesimpulan: Disarankan untuk membentuk Satuan Tugas (Satgas) untuk Layanan Kedaruratan dan Bencana (Satgas Kencana) di Kota Samarinda, memaksimalkan Command Center sebagai Ruang Pusat Komando dan Monitoring Kota Samarinda Kondisi Command Center, melakukan Pemberdayaan Relawan Kedaruratan di Kota Samarinda untuk dapat meningkatkan efektivitas Command Center khususnya layanan panggilan darurat Samarinda Siaga 112. Kata Kunci : Efektivitas Layanan, Keadaan darurat dan bencana, Panggilan Darurat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Safety Management and Public Security
Depositing User: Manajemen Keamanan dan Keselamatan Publik FPM
Date Deposited: 08 Jun 2022 07:17
Last Modified: 08 Jun 2022 07:17
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/8063

Actions (login required)

View Item View Item