IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBELAJARAN ONLINE PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI KOTA PEKANBARU PROVINSI RIAU

IKRAM, VHARIZKI HAIQAL (2022) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBELAJARAN ONLINE PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI KOTA PEKANBARU PROVINSI RIAU. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
Vharizki Haiqal Ikram_B2_29.0298 Repository - docx.pdf

Download (272kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Serangan Virus Corona (Corona Virus Desease 2019) pada tahun 2020 di Indonesia telah memakan banyak korban jiwa. Virus ini menyebar dengan sangat cepat dan mematikan. Pandemi ini menuntut setiap orang untuk membatasi aktivitas sehari-hari terutama yang berada di luar ruangan. Maka dikeluarkan kebijkaan pembatasan sosial guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Pembatasan ini turut mempengaruhi sektor pendidikan yang harus tetap berlangsung. Tujuan: Kebijakan pembelajaran online ini bertujuan sebagai solusi untuk tetap dapat melangsungkan pembelajaran meskipun dalam keadaan pandemi, karena meskipun dalam keadaan pandemi sektor pendidikan harus dapat tetap berjalan. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari Kepala Dinas, Kepala Bidang Pembinaan SMA, Kepala Sekolah Menengah Atas, Guru SMA, Orangtua siswa dan Siswa SMA. Teknik analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil/Temuan: Hasil penelitian ini mendeskripsikan bahwa kebijakan pembelajaran online sudah terimplementasi dengan baik, ditandai dengan dipenuhinya seluruh indikator pada setiap dimensi dalam pelaksanaan kebijakan menurut teori dari Van Meter dan Van Horn sebagai berikut: Dimensi Standar dan Sasaran Kebijakan, Dimensi Sumber Daya, Dimensi Karakteristik Agen/ Badan Pelaksana, Dimensi Komunikasi Antar Organisasi dan Pengukuhan Aktivitas/ Aktivitas Pelaksana, serta Dimensi Kondisi Sosial, Ekonomi, dan Politik. Selanjutnya juga terdapat faktor pendukung dan penghambat implementasi kebijkaan dan upaya untuk mengoptimalkan kebijakan pembelajaran online ini. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi kebijakan pembelajaran online pada era pandemi Covid-19 di Kota Pekanbaru Provinsi Riau telah terlaksana, dan ditemukan faktor pendukung dan penghambat serta upaya untuk mengoptimalkannya. Selanjutnya diajukan saran dan rekomendasi: pertama, meningkatkan koordinasi dengan pemerintah serta unsur terkait dalam memantau perkembangan Covid-19 di Provinsi Riau. Kedua, melakukan koordinasi dengan Tim Gugus Tugas Covid-19 dan menyesuaikan kebijakan pembelajaran jika dianggap sudah memungkinkan. Ketiga, memberikan pelatihan kepada guru tentang variasi model belajar. Dan Keempat, melakukan sosialisasi secara nyata dan jelas kepada masyarakat. Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Online, Sekolah Menengah Atas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Depositing User: Kebijakan Publik FPP
Date Deposited: 08 Jun 2022 06:39
Last Modified: 08 Jun 2022 06:39
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/8048

Actions (login required)

View Item View Item