PERAN PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID) DALAM PELAYANAN INFORMASI PUBLIK DI DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA DAN STATISTIK PROVINSI LAMPUNG

Octaviany, Angie (2022) PERAN PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID) DALAM PELAYANAN INFORMASI PUBLIK DI DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA DAN STATISTIK PROVINSI LAMPUNG. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
ANGIE OCTAVIANY_29.0530_PERAN PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID) DALAM PELAYANAN INFORMASI PUBLIK DI DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA DAN STATISTIK PROVINSI LAMPUNG.pdf

Download (315kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Peran Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang terus meningkat di era globalisasi informasi. Kebutuhan informasi ini dilakukan guna mewujudkan keterbukaan informasi publik. Peran Pejabat Pengelola Informasi Publik tidak selalu berjalan dengan baik. Hal ini terjadi karena kurang nya sumber daya manusia, koordinasi dengan perangkat daerah yang tidak lancar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran pejabat pengelola informasi dan dokumentasi dalam pelayanan informasi publik guna mewujudkan keterbukaan informasi publik di Provinsi Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran pejabat pengelola informasi dan dokumentasi dalam pelayanan informasi publik ini dapat dikatakan cukup baik. Hal ini terbukti dari kebijakan yang dibuat dalam pelayanan informasi, strategi yang dicapai dan koordinasi yang baik dengan perangkat daerah untuk memberikan pelayanan infromasi publik dengan melengkapi sarana dan prasarana untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Namun untuk mengelola informasi tersebut sumber daya manusia nya masih kurang, selain itu masyarakat juga masih belum mengetahui prosedur pelayanan informas di kantor Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik, serta masih kurang nya dana khusus untuk pelayanan informasi publik. Mengatasi hambatan tersebut perlu dilakukan pelatihan sumber daya manusia secara khusus, penyempurnaan perencanaan program dan kegiatan serta penganggaran dana untuk pelaksanaan kegiatan layanan PPID kedepannya. Kata Kunci : Informasi Publik, Peran PPID, Pelayanan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 09 Jun 2022 03:26
Last Modified: 09 Jun 2022 03:26
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/8029

Actions (login required)

View Item View Item