KINERJA DINAS PENANAMAN MODAL PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DAN TENAGA KERJA KABUPATEN JEMBRANA DALAM PENERAPAN APLIKASI E-TRACKING

INDRAWAN, MADE AGUS ADI (2022) KINERJA DINAS PENANAMAN MODAL PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DAN TENAGA KERJA KABUPATEN JEMBRANA DALAM PENERAPAN APLIKASI E-TRACKING. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
MADE AGUS ADI INDRAWAN_29.1231_KINERJA DINAS PENANAMAN MODAL PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DAN TENAGA KERJA KABUPATEN JEMBRANA DALAM PENERAPAN APLIKASI E-TRACKING.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Perubahan zaman dan perkembangan teknologi yang pesat ini memaksa manusia agar terus beradaptasi dan mengembangkan kemampuan diri. Fenomena ini juga menuntut pemerintah untuk terus berinovasi salah satunya dalam bidang pelayanan perizinan. Pemerintah pusat maupun daerah membuat beragam aplikasi untuk mendukung pelayanan perizinan berbasis digital. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengumpulkan data dan kemudian dianalisis untuk memperoleh hasil yang dapat memberikan gambaran tentang kinerja Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dan Tenaga Kerja Kabupaten Jembrana dalam penerapan aplikasi E-Tracking. Kemudian menguraikan faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung, serta upaya-upaya yang dilakukan dalam mengatasi faktor- faktor penghambat tersebut. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian secara kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Hasil/Temuan: Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran organisasi kemasyarakatan yang ada di Kabupaten Tabanan sudah baik dan sangat aktif dalam melaksanakan program sosial kemasyarakatan, walaupun ada beberapa kendala pada pembiayaan pelaksanaan program dan SDM yang kurang memadai. Upaya pemerintah yang dalam hal ini adalah Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Tabanan dalam mendorong peranan Ormas dalam perlindungan masyarakat belum sepenuhnya dilakukan dengan baik dan maksimal, dilihat dari bentuk program yang dilakukan hanya sosialisasi dan pengawasan dalam bentuk admininstrasi pendaftaran Ormas. Kesimpulan: kesimpulan pada penelitian ini adalah kinerja DPMPTSPTK Kabupaten Jembrana telah terlaksana dengan baik. Namun masih ada hambatan-hambatan dalam pelaksanaan kebijakan tersebut. Untuk itu, penulis memberikan saran yaitu melakukan sosialisasi penggunaan E-Tracking, memaksimalkan anggaran yang tersedia, melakukan perawatan sarana dan prasaran pendukung Kata kunci: Kinerja, E-Tracking, Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Local Government Administration
Depositing User: Administrasi Pemerintahan Daerah FMP
Date Deposited: 27 Jun 2022 02:13
Last Modified: 27 Jun 2022 02:13
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/8013

Actions (login required)

View Item View Item