PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT PADA PENCALONAN KEPALA DAERAH TAHUN 2024 DI KOTA CIMAHI PROVINSI JAWA BARAT

Bela, Erika Sintia (2022) PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT PADA PENCALONAN KEPALA DAERAH TAHUN 2024 DI KOTA CIMAHI PROVINSI JAWA BARAT. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img] Text
REPOSITORY ERIKA SINTIA BELA_29.0648_A3.docx

Download (45kB)

Abstract

ABSTRAK Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, media sosial kini menjadi sarana komunikasi yang digunakan di segala bidang, termasuk bidang politik. Salah satu aktivitas politik yang banyak melibatkan media sosial adalah proses Pilkada, yaitu dalam rangka peningkatan tingkat partisipasi politik masyarakat. Tingkat partisipasi masyarakat Kota Cimahi yang masih rendah dan belum mencapai target pada Pilkada sebelumnya, membuat hal ini menarik untuk dibahas. Dengan kemampuannya untuk mempengaruhi audiens, media sosial menjadi komponen penting dalam proses Pilkada. Media sosial dapat membentuk opini maupun sikap masyarakat. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh media sosial terhadap partisipasi politik masyarakat pada pencalonan kepala daerah tahun 2024 di Kota Cimahi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) yang dilengkapi dengan Skala Likert. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi sederhana dengan bantuan aplikasi software SPSS version 26.0. Hasil penelitian menunjukkan tanggapan responden mengenai penggunaan media sosial terhadap partisipasi politik berada pada penilaian sangat baik dengan persentase sebesar 83,7% dan tingkat partisipasi politik masyarakat Kota Cimahi tergolong baik berdasarkan tanggapan responden mengenai partisipasi politik dengan persentase sebesar 73,4%. Hasil analisis regresi juga menunjukkan bahwa media sosial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap partisipasi politik masyarakat dalam menghadapi Pilkada serentak tahun 2024 mendatang di Kota Cimahi. Kata Kunci: Media Sosial, Partisipasi Politik, Pilkada

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Politics and Government > Applied Indonesian Politics
Depositing User: Politik Indonesia Terapan
Date Deposited: 09 Jun 2022 03:00
Last Modified: 09 Jun 2022 03:00
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/8001

Actions (login required)

View Item View Item