INOVASI PELAYANAN AKTA KELAHIRAN DALAM MENINGKATKAN KEPEMILIKAN KARTU IDENTITAS ANAK BAGI ANAK BARU LAHIR DI KOTA LANGSA PROVINSI ACEH

Nazmi, Chairul (2022) INOVASI PELAYANAN AKTA KELAHIRAN DALAM MENINGKATKAN KEPEMILIKAN KARTU IDENTITAS ANAK BAGI ANAK BARU LAHIR DI KOTA LANGSA PROVINSI ACEH. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
REPOSITORY_CHAIRUL NAZMI_29.0012_INOVASI PELAYANAN AKTA KELAHIRAN DALAM MENINGKATKAN KEPEMILIKAN KARTU IDENTITAS ANAK BAGI ANAK BARU LAHIR DI KOTA LANGSA PROVINSI ACEH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penyelenggaraan pelayanan publik yang dilakukan oleh pemerintah sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Dalam rangka memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Langsa melakukan suatu pelayanan administrasi kependudukan yang melakukan sebuah Perjanjian Kerja Sama MoU terkait Ibu melahirkan di Rumah Sakit Umum Daerah ataupun Puskesmas di Kota Langsa untuk dibantu dalam melakukan pelayanan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan inovasi pelayanan dokumen kependudukan, faktor pendorong, faktor penghambat, dan upaya apa yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengunakan pendekatan induktif untuk mendeskripsikan pelayanan inovasi peneliti mengunakan teori Thomas Halvorsen dengan dimensi Konseptual, Delivery, dan Interaksi Sistem. Adapun Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari pelayanan ini yaitu terwujudnya administrasi yang baik dan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan. Faktor yang mempengaruhi yaitu faktor pendorong (koordinasi yang baik dan sadaran diri pegawai) kemudian faktor penghambat kurangnya SDM di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Kemudian Dinas Dukcapil juga sudah melakukan upaya seperti mempersiapkan SDM yang cukup, mengusulkan adanya petugas register di rumah sakit, dan memberikan jalan prioritas bagi pegawai rumah sakit atau puskesmas. Mengenai gaya kepemimpinan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sudah baik maka dari itu jangan sampai dengan perubahan pejabat yang ada akan menghilangkan keprcayaan yang sudah dijalani tersebut. Kata Kunci: Inovasi, Pelayanan, Akta Kelahiran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM
Date Deposited: 08 Jun 2022 04:55
Last Modified: 08 Jun 2022 04:55
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/7997

Actions (login required)

View Item View Item