IMPLIKASI PENGGUNAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR DALAM MENUNJANG PENILAIAN AKREDITASI SEKOLAH DI KABUPATEN BOVEN DIGOEL PROVINSI PAPUA

Fofied, Meilyn Rosari (2022) IMPLIKASI PENGGUNAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR DALAM MENUNJANG PENILAIAN AKREDITASI SEKOLAH DI KABUPATEN BOVEN DIGOEL PROVINSI PAPUA. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
Ringkasan (Meilyn Rosari Fofied 29.1788).pdf

Download (396kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Sekolah Dasar yang ada di Kabupaten Boven Digoel merupakan salah satu upaya pemerintah pusat untuk meningkatkan mutu pendidikan disetiap sekolah yang terdaftar dalam data pokok pendidikan (DAPODIK) , penggunaan Dana BOS digunakan berdasarkan alur yang sudah diatur didalam petunjuk teknis dan dikelola secara efektif dan relevan. Dalam pelaksanaannya Dana BOS ini dibagi menjadi 3 tahap pencairan dalam satu tahun anggaran. Penggunaan Dana BOS ini harus dibagi menjadi 8 standar yaitu, Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian pendidikan, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan Pendidikan, Standar Sarana dan Prasarana guna mencapai peningkatan mutu pendidikan agar dapat memenuhi standar penilaian akreditasi Sekolah Dasar. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui implikasi Penggunaan Dana BOS di Sekolah Dasar yang berada di Kabupaten Boven Digoel dalam peningkatan akreditasi sekolah. Metode: Metode penelitian yang gunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber Data yang digunakan ialah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan/Hasil: Hasil dari penelitian ini yaitu penggunaan Dana BOS di sekolah dasar yang berada di Kabupaten Boven Digoel sudah berjalan sesuai peraturan yang telah dtetapkan dan dampaknya sudah mulai dirasakan oleh tenaga pendidik, peserta didik, maupun orang tua peserta didik. Kesimpulan: Walaupun telah berjalan dengan baik tetapi masih terdapat beberapa kendala yang dialami dalam penggunaan Dana BOS ini yaitu, kurangnya dukungan dari lingkungan sekitar untuk tidak merusak sarana prasarana sekolah yang merupakan output dari Dana BOS ini, kurangnya dukungan orang tua dari peserta didik yang ingin bersekolah, pelaporan pertanggungjawaban yang masih terlambat untuk dilaporkan, pengembangan kompetensi guru yang masih minim dan beberapa kendala lain yang mempengaruhi Penggunaan Dana BOS di Sekolah Dasar di Kabupaten Boven Digoel dalam Peningkatan Akreditasi Sekolah. Kata kunci: Akreditasi, Dana Bantuan Operasional Sekolah, Implikasi, Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Keuangan Publik FMP
Date Deposited: 08 Jun 2022 07:32
Last Modified: 08 Jun 2022 07:32
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/7959

Actions (login required)

View Item View Item