IMPLEMENTASI PROGRAM DIGITAL MARKETING PARIWISATA PADA ERA INDUSTRI 4.0 OLEH DINAS PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF KABUPATEN MUARA ENIM PROVINSI SUMATERA SELATAN

ANDARA, RAHMAT TIO (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM DIGITAL MARKETING PARIWISATA PADA ERA INDUSTRI 4.0 OLEH DINAS PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF KABUPATEN MUARA ENIM PROVINSI SUMATERA SELATAN. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
29.0433 RAHMAT TIO ANDARA REPOSITORI.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penelitian ini dilatarbelakangi oleh jumlah pengguna internet yang semakin meningkat akibat terjadinya revolusi industri 4.0, menurunnya jumlah wisatawan di Kabupaten Muara Enim sejak tahun 2017, serta teknik pemasaran yang berkualitas sesuai perkembangan zaman. Tujuan: Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui sejauh mana implementasi program digital marketing pariwisata, faktor pendukung dan penghambat, serta upaya yang telah dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Muara Enim dalam mengatasi masalah di bidang digital marketing pariwisata. Metode: Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis menganalisis data menggunakan teknik reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil/Temuan: Berdasarkan teori implementasi Van Meter dan Van Horn, dimensi ukuran dan tujuan kebijakan, karakteristik agen pelaksana, sikap/kecenderungan para pelaksana, komunikasi antar-organisasi dan aktivitas pelaksana sudah baik, sedangkan untuk dimensi sumber daya dan lingkungan eksternal masih belum baik. Terimplementasinya program digital marketing ini didukung oleh beberapa faktor, yaitu dukungan Pemerintah Kabupaten Muara Enim, tersedianya sarana dan prasarana yang dibutuhkan, berjalannya koordinasi antar beberapa pihak, serta terkumpulnya database mengenai pariwisata di Kabupaten Muara Enim. Namun, dalam pengimplementasi program ini juga terdapat faktor penghambat, yaitu ekonomi, sumber daya manusia, dan kurangnya sosialisasi program itu sendiri. Adapun upaya yang telah dilakukan adalah menganggarkan dana pembuatan aplikasi atau website digital marketing pariwisata, mengadakan pelatihan, merekrut pegawai yang memiliki keterampilan yang dibutuhkan, serta ikut menyukseskan program digital marketing pariwisata pemerintah provinsi. Kesimpulan: Kesimpulan hasil penelitian yang penulis lakukan adalah program digital marketing telah diimplementasikan, namun masih belum optimal. Berdasarkan hasil analisis di atas, penulis menyarankan agar Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terus mengoptimalkan pengelolaan program digital marketing pariwisata, membentuk tim khusus yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang tepat, serta menyosialisasikan akun media sosial yang digunakan sebagai media pengimplementasian program digital marketing pariwisata. Kata Kunci: Implementasi, Digital Marketing, Pariwisata

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Politics and Government > Community Economic and Rural Development
Depositing User: Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat FPP
Date Deposited: 07 Jun 2022 06:09
Last Modified: 07 Jun 2022 06:09
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/7915

Actions (login required)

View Item View Item