Lingga, Isna Eca (2022) IMPLEMENTASI APLIKASI LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT SEBAGAI SISTEM PENGELOLAAN PENGADUAN PELAYAN PUBLIK NASIONAL DI KABUPATEN KARO. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.
|
Text
ISNA ECA BR LINGGA_G2_29.0121_IMPLEMENTASI APLIKASI LAPOR SEBAGAI SISTEM PENGELOLAAN PENGADUAN PELAYANAN PUBLIK NASIONAL DI KABUPATEN KARO.pdf Download (525kB) | Preview |
Abstract
ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP):In this era of globalization, all matters require the help of technology. Likewise in government affairs, technology is very helpful in the efficiency of a program. Purpose: The purpose of this study was to determine the implementation of the reporting application implementation as a public service complaint management system in Karo Regency as well as to find out the obstacles faced by Diskominfo in the implementation of SP4N-LAPOR public services. Method: The research method that the author uses is qualitative to answer a problem which is analyzed using Edward III's Implementation Theory. The theory is used to test the implementation of LAPOR in the field by describing and comparing the reality in the field with what should happen if it is to be implemented properly. Result:The results showed that communication (communication) went well through socialization but was not maximized due to budget constraints and the covid-19 pandemic, most of the resources (resources) were fulfilled, both facilities and personnel resources, good. Conclusion: The local government in this case Diskominfo Karo and the related OPD have carried out their duties well and the bureaucratic structure (Bureucratic structure) shows that the LAPOR is running in accordance with the applicable SOP. It is hoped that in the future LAPOR can become a service that can prosper the community through good public services. Keyword : Implementation, LAPOR, public services ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Di era globalisasi ini, semua urusan memerlukan bantuan teknologi. Sama halnya dalam urusan pemerintahan, teknologi sangat membantu dalam efisiensi sebuah program. Tujuan:Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi impelementasi aplikasi LAPOR(Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online) sebagai sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik Kabupaten Karo sekaligus untuk mengetahui kendala yang dihadapi Diskominfo dalam Implementasi pelayanan publik SP4N- LAPOR. Metode:Metode penelitian yang penulis gunakan adalah kualitatif untuk menjawab sebuah permasalahan yang dianalisa menggunakan Teori Implementasi Edward III. Teori tersebut dimanfatkan untuk menguji implementasi LAPOR di lapangan dengan menggambarkan dan membandingkan kenyataan di lapangan dengan yang seharusnya terjadi jika ingin ter implementasi dengan baik.sumbaer data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder dengan jumlah 8 informan. Hasil/Temuan:Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi (communication) berjalan baik melalui sosialisasi namun belum maksimal akibat kendala anggaran dan pandemi covid-19, sumber daya(resources) sebagian besar terpenuhi baik fasilitas maupun sumber daya aparaturnya, disposisi (disposition) yang baik. Kesimpulan: Pemda dalam hal ini Diskominfo Karo dan OPD terkait sudah melaksanakan tugas dengan baik serta struktur birokrasi (Bureucratic structure) yang menunjukkan bahwa berjalannya LAPOR sudah sesuai dengan SOP yang berlaku. Diharapkan kedepannya LAPOR bisa menjadi Layanan yang dapat mensejahterakan masyarakat melalui pelayanan publik yang baik Kata Kunci : implementasi, LAPOR, pelayanan publik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Campus > IPDN Kampus Jatinangor |
Depositing User: | Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 06:51 |
Last Modified: | 06 Jun 2022 06:51 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/7756 |
Actions (login required)
View Item |