ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI PEMERINTAHAN PADA BAGIAN HUMAS PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PIMPINAN KOTA SABANG PROVINSI ACEH

PASHA, JEFRI RAFLI (2022) ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI PEMERINTAHAN PADA BAGIAN HUMAS PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PIMPINAN KOTA SABANG PROVINSI ACEH. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
JEFRI RAFLI PASHA_29.0036_ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI PEMERINTAHAN PADA BAGIAN HUMAS PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PIMPINAN KOTA SABANG PROVINSI ACEH.pdf

Download (440kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): The background of this research is that social media is very important, considering the widespread phenomenon of the use of social media in the community, especially in the City of Sabang, which is considered not optimal, especially in the readiness of the community to use social media both as a means of information and as a means of complaints and reporting public aspirations. Purpose: This study aims to find out how the use of social media is carried out by the Protocol and Communication Section of the Regional Secretariat of Sabang City and then what is the right strategy in using social media. Method: The method used is qualitative with analysis of communication theory by Laswell and for determining strategy as the output of the study then using SWOT analysis which is tested with the litmust test to determine the order of strategy priorities. Data collection techniques were carried out by conducting in-depth interviews (14 informants), observation, documentation, and triangulation. Result: The results showed that the use of social media as a means of government communication by the Protocol and Communication Section of the Regional Secretariat of the City of Sabang was not maximized due to several obstacles such as the people of Sabang City being constrained by access to social media devices, telecommunication network infrastructure constraints, content publications that were still not optimal, and the lack of response from the Sabang City Public Relations account to public complaints. Conclusion: Based on the results of the data analysis carried out, several strategies were obtained that can be used to improve public information services through social media. The researcher then provides suggestions in the form of improving internet and telecommunications network infrastructure as well as improving the quality of content and responding to incoming complaints. Keywords: Communication, Social Media, Strategy ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penelitian ini dilatarbelakangi media sosial sangat penting, mengingat maraknya fenomena pemanfaatan media sosial di masyarakat khususnya di Kota Sabang dianggap belum maksimal terutama pada kesiapan masyarakat dalam menggunakan media sosial baik sebagai sarana informasi maupun sebagai sarana pengaduan dan pelaporan aspirasi masyarakat. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaaatan media sosial yang dilakukan oleh Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kota Sabang serta kemudian bagaimana strategi yang tepat dalam pemanfaatan media sosial tadi. Metode: Metode yang digunakan ialah kualitatif deskriptif dengan analisis teori komunikasi oleh Laswell serta untuk penentuan strategi sebagai keluaran dari penelitian kemudian menggunakan analisis SWOT yang diuji dengan tes litmust untuk menentukan urutan prioritas strategi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam (14 informan), observasi, dokumentasi, dan triangulasi. Hasil/Temuan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial sebagai sarana komunikasi pemerintahan oleh Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kota Sabang belum maksimal dikarenakan beberapa kendala seperti masyarakat Kota Sabang terkendala perangkat akses ke media sosial, kendala infrastruktur jaringan telekomunikasi, publikasi konten yang masih belum maksimal, serta kurangnya respon akun Humas Kota Sabang terhadap aduan masyarakat. Kesimpulan: Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, kemudian didapatkan beberapa strategi yang dapat digunakan demi peningkatan pelayanan informasi publik melalui media sosial. Peneliti kemudian memberikan saran berupa peningkatan infrastruktur jaringan internet dan telekomunikasi serta perbaikan kualitas konten dan respon terhadap aduan yang masuk. Kata Kunci: Komunikasi, Media Sosial, Strategi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 06 Jun 2022 03:24
Last Modified: 06 Jun 2022 03:24
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/7686

Actions (login required)

View Item View Item