KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN BERBASIS ONLINE DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN GROBOGAN PROVINSI JAWA TENGAH

Ramadhanna, Dani Yusifo (2022) KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN BERBASIS ONLINE DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN GROBOGAN PROVINSI JAWA TENGAH. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
REPOSITORY_DANI YUSIFO R.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelayanan publik dalam penyelenggaraan pemerintahan dituntut untuk dapat memaksimalkan pelayanan sejalan dengan perkembangan teknologi. Kabupaten Grobogan merupakan kabupaten yang luas yang tidak semua masyarakat memiliki akses yang sama untuk menuju kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan dalam mengurus dokumen administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan melakukan suatu inovasi dalam pelayanan administrasi kependudukan yaitu pelayanan online melalui aplikasi website e-Simpel yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat yang dikembangkan melalui program POS PAKDE (Pos Pelayanan Administrasi Kependudukan di Desa/Kelurahan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai kualitas pelayanan online, faktor pendorong dan penghambat, serta upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan Administrasi Kependudukan berbasis online di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif dalam menjelaskan pelaksanaan kualitas pelayanan onlien berdasarkan teori Servqual (Kualitas Pelayanan) menurut Zeithaml et al. (1990) dalam Hardiyansyah (2018:63-64), meliputi Tangible (Bukti Fisik), Reability (Kehandalan), Responsiveness (Ketanggapan), Assurance (Jaminan), dan Empathy (Empati), dengan menggunakan Teknik Pengumpulan Data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta fakta-fakta yang ada di lapangan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan telah dilaksanakan dengan baik dan memenuhi kriteria. Terdapat faktor pendorong yaitu koordinasi yang baik, kesadaran diri pegawai, dan pelaksanaan inovasi program POS PAKDE. Namun juga terdapat faktor penghambat, yaitu dari internal (gangguan jaringan internet dan server dari pusat down), dan eksternal (keterbatasan masyarakat dalam pemahaman penggunaan layanan online). Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penyelenggaraan administrasi kependudukan melalui online e-Simpel sudah berjalan dengan baik walaupun terdapat beberapa permasalahan yang ada. Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan Online, Administrasi Kependudukan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM
Date Deposited: 07 Jun 2022 07:34
Last Modified: 07 Jun 2022 07:34
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/7475

Actions (login required)

View Item View Item