STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA RAMMANG RAMMANG OLEH DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KABUPATEN MAROS PROVINSI SULAWESI SELATAN

ANUGRAH, A. MUH. FATHIR (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA RAMMANG RAMMANG OLEH DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KABUPATEN MAROS PROVINSI SULAWESI SELATAN. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
FATHIR.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): (Berisi background yang melatarbelakangi penelitian). Pariwisata merupakan salah satu sektor yang diunggulkan di Kabupaten Maros sebagai penopang ekonomi masyarakat dan pembangunan daerah. Salah satu objek wisata yang memiliki potensi yang juga salah satu ikon dari Kabupaten Maros yaitu objek wisata Rammang-Rammang. Namun dalam pengembangannya masih terdapat beberapa kendala, terlebih pada saat ini dengan adanya pandemic covid-19 industri pariwisata mengalami penurunan yang signifikan. Tujuan : untuk mengetahui strategi pengembangan yang tepat yang mampu diterapkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam mengembangkan pariwisata di Kabupaten Maros terkhususnya pengembangan objek wisaa rammang-rammang, Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif, dimana penulis memperoleh data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil/Temuan pengembangan pariwisata khususnya objek wisata Rammang-Rammang di Kabupaten Maros masih belum maksimal, dikarenakan masih banyaknya kelemahan-kelemahan yang ditemukan pada komponen sistem pengembangan pariwisata yang menjadi indikator pengembangan objek wisata karst RammangRammang. Adapun faktor yang mempengaruhi dalam pengembangan pariwisata tersebut adalah faktor internal berupa kekuatan dan kelemahan serta faktor eksternal adalah peluang dan ancaman. Berdasarkan faktor-faktor tersebut, peneliti dapat merumuskan sejumlah strategi dalam pengembangan pariwisata khususnya pengembangan destinasi wisata Rammang-Rammang di Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan. Kesimpulan: Pengembangan Objek Wisata Rammang-Rammang sudah mulai dilakukan secara totalitas dengan memanfaatkan potensi dari Objek Wisata Rammang-Rammang seperti daya tariknya yang memiliki keindahan alam yang luar biasa serta membuat beberapa pertunjukan seni agar lebih menarik minat masyarakat. Faktor pendukung dalam pengembangan destinasi wisata Rammang-Rammang diantaranya dapat dilihat dari letak geografis objek wisata Rammang-Rammang yang strategis Faktor penghambat dalam pengembangan objek wisata Rammang-Rammang diantaranya yaitu kurangnya kerjasama antara pemerintah dengan masyarakat pengelola objek wisata, Dalam pengembangan objek wisata ada beberapaa Strategi yang bisa diterapkan salah satunya yaitu bekerjasama dengan POKDARWIS menciptakan spot-spot foto yang menarik di lokasi objek wisata tanpa merusak karakteristik alam sehingga menarik minat wisatawan untuk melakukan kegiatan promosi wisata secara tidak langsung melalui unggahan-unggahan foto di sosial media mereka. Kata kunci: objek wisata, pengembangan, strategi , pariwisata dunia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat FPP
Date Deposited: 03 Jun 2022 08:37
Last Modified: 03 Jun 2022 08:37
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/7395

Actions (login required)

View Item View Item