EFEKTIVITAS PELAYANAN BERBASIS ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANJARBARU

NAKHAIR, RIZQULLAH NAFIS (2022) EFEKTIVITAS PELAYANAN BERBASIS ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANJARBARU. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
RIZQULLAH NAFIS N._29.1199_EFEKTIVITAS PELAYANAN BERBASIS ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANJARBARU.pdf

Download (356kB) | Preview

Abstract

Digitalisasi membuat setiap urusan manusia menjadi lebih mudah, efektif, dan efisien. Hal tersebut menyebabkan pemerintah Republik Indonesia harus mampu beradaptasi dan menerapkan perkembangan teknologi yang ada, salah satunya pada bidang pelayanan administrasi kependudukan. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru membuat suatu inovasi pelayanan administrasi kependudukan berbasis aplikasi yang diberi nama Dukcapil Banjarbaru Mobile. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui sejauh mana Efektivitas Pelayanan aplikasi dukcapil banjarbaru mobile dalam penerbitan dokumen kependudukan dan bagaimana proses pelayanan dengan menggunakan aplikasi dukcapil banjarbaru mobile di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan teori Efektivitas menurut Gibson yang dalamnya terdapat 5 dimensi yaitu : produktivitas, efisiensi, mutu atau kualitas, fleksibilitas, dan kepuasan. Dari hasil penelitian menunjukkan efektivitas pelayanan dengan menggunakan aplikasi dukcapil banjarbaru mobile dalam penerbitan dokumen kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru sudah dapat dikatakan efektif dan proses dokumen kependudukan melalui aplikasi dukcapil banjarbaru mobile sudah dapat mempermudah pelayanan. Namun, dalam pelaksanaannya masih terdapat permasalahan dalamnya yaitu kurangnya pengetahuan masyarakat terkait informasi dan teknologi, Masyarakat yang masih belum memiliki handphone, aplikasi yang masih belum optimal. Adapun saran yang diberikan peneliti yaitu melakukan sosialisasi ke perkampungan, melaksanakan kerjasama dengan pihak ketiga, dan mengakan pengadaan komputer atau handphone kepada pihak kelurahan. Kata Kunci : aplikasi Dukcapil Banjarbaru Mobile; efektivitas pelayanan; dokumen kependudukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Demography and Civil Registration Studies
Depositing User: Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM
Date Deposited: 06 Jun 2022 01:41
Last Modified: 06 Jun 2022 01:41
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/7367

Actions (login required)

View Item View Item