IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBELAJARAN SECARA DARING BAGI PELAJAR SD DAN SMP DI KOTA TERNATE PROVINSI MALUKU UTARA

YUSRIL HASANUDIN, M (2022) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBELAJARAN SECARA DARING BAGI PELAJAR SD DAN SMP DI KOTA TERNATE PROVINSI MALUKU UTARA. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
M. Yusril Hasanudin_29.1681_B6 - IMPLEMENTSI KEBIJAKAN PEMBELAJARAN SECARA DARING BAGI PELAJAR SD DAN SMP DI KOTA TERNATE PROVINSI MALUKU UTARA.pdf

Download (818kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kota ternate provinsi maluku utara yang bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan pembelajaran secara daring bagi pelajar di kota ternate provinsi maluku utara selama masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan snowball sampling. Peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi untuk mengumpulkan data selama proses penelitian berlangsung. Data dan informasi yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kebijakan oleh pemerintah dalam menerapkan kebijakan pembelajaran secara daring bagi pelajar di kota ternate provinsi maluku yaitu dengan menggunakan teori george edward III meliputi komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi. Implementasi kebijakan pembelajaran secara daring di kota ternate terhambat karena beberapa faktor yaitu gangguan jaringan internet, kualitas sumber daya manusia yang masih rendah dalam hal pemahaman teknologi dan kurangnya fasilitas sarana dan prasaran untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran secara daring bagi pelajar di kota ternate provinsi maluku utara. Untuk mengatasi terhambatnya pembelajaran serta mengoptimalkan keberhasilan implementasi pembelajaran secara daring bagi pelajar di kota ternate maka pemerintah kota ternate melalui dinas pendidikan kota ternate menerapkan pemberian kuota gratis kepada seluruh guru dan pelajar, memfasilitasi sarana dan prasara pembelajaran serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia yaitu guru melalui sosialiasi dan pelatihan/diklat. Saran kedepan agar implementasi kebijakan pembelajaran secara daring selama covid-19 dapat berjalan optimal maka pemerintah kota ternate harus secara intens memberikan sosialiasi ataupun pelatihan kepada guru terkait mekanisme pembelajaran secara daring dan penggunaan teknologi. Selain itu juga diperlukan fasilitas untuk mendukung jaringan selama pembelajaran seperti penggunaan Wi-Fi disekolah yang memiliki kendala jaringan. Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Secara Daring, Pelajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Kebijakan Publik FPP
Date Deposited: 02 Jun 2022 07:42
Last Modified: 02 Jun 2022 07:42
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/7250

Actions (login required)

View Item View Item