KUALITAS APLIKASI LAPOR MATARAM DALAM LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT DI KOTA MATARAM PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

WIRANATA, LALU MUHAMMAD ANDIKA (2022) KUALITAS APLIKASI LAPOR MATARAM DALAM LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT DI KOTA MATARAM PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
LALU MUHAMMAD ANDIKA WIRANATA_29.1262_TRIP.pdf

Download (591kB) | Preview

Abstract

Pada tahun 2017, Kota Mataram telah meluncurkan sebuah aplikasi yaitu LAPOR Mataram, yang dimana aplikasi ini merupakan suatu wadah bagi masyarakat untuk menyampaikan pengaduan ataupun saran khususnya di Pemerintahan Kota Mataram. Oleh karena itu, peneliti tertarik dalam menyusun skripsi ini dalam judul “KUALITAS APLIKASI LAPOR MATARAM DALAM LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT DI KOTA MATARAM PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kualitas aplikasi dari LAPOR Mataram dalam layanan pengaduan masyarakat.Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mataram menjadikan tempat utama penelitian untuk peneliti mendapatkan data. Metode Penelitian yang digunakan peneliti adalah Metode Deskriptif Kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder baik dari pegawai dinas, masyarakat dan dokumen. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi dengan teknik analisis data yaitu dimulai dari pengumpulan data, reduksi data lalu penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Aplikasi LAPOR Mataram Dalam Layanan Pengaduan Masyarakat Di Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat belum berjalan dengan baik dilihat dari tiga dimensi dari teori Alvaro Rocha yaitu dimensi kualitas isi, layanan, dan teknis. Saran yang penulis berikan yaitu sosialisasi lebih intens terkait aplikasi LAPOR Mataram, melaksanakan evaluasi kerja, penambahan admin, pengadaan sarana dan prasarana. Kata Kunci : Kualitas, LAPOR Mataram, Layanan pengaduan, Masyarakat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 31 May 2022 06:08
Last Modified: 31 May 2022 06:08
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/7056

Actions (login required)

View Item View Item