PEMANFAATAN APLIKASI LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT (LAPOR) DALAM PENINGKATAN PELAYANAN PENGADUAN DI DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA DAN PERSANDIAN KABUPATEN SUKAMARA PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

LIANA IKA SAPUTRI. S, IKA (2022) PEMANFAATAN APLIKASI LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT (LAPOR) DALAM PENINGKATAN PELAYANAN PENGADUAN DI DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA DAN PERSANDIAN KABUPATEN SUKAMARA PROVINSI KALIMANTAN TENGAH. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
JURNAL_LIANA IKA SAPUTRI.S _29.1082_PEMANFAATAN APLIKASI LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT (LAPOR) DALAM PENINGKATAN PELAYANAN PENGADUAN DI DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA DAN PERSANDIAN KABUPATEN SUKAMAR-c.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Problem Statement/ Background (GAP) research on the LAPOR application in Sukamara Regency is the lack of public knowledge resulting in the low number of complaints related to public services through the LAPOR application. Purpose this study was to find out the utilization and analyze the LAPOR application in improving complaint services by the Information Communications and Encryption Service, Sukamara Regency, Central Kalimantan Province with the benchmark of utilization theory. Method used is qualitative research with descriptive inductive approach. Data collection techniques in the research are interviews, observation and documentation. Data reduction, data presentation and conclusion drawing are data analysis techniques in this study. Result The finding of problems regarding the application of the LAPOR application in Sukamara Regency is that the expiry of the regent's Decree Number 45 of 2017 which regulates the management of LAPOR causes coordination between liaison officials to be less effective and public services to be neglected. This results in low quality of services provided and data on the number of complaints is low. Conclusion is that the use of the LAPOR application in improving complaint services in Sukamara Regency has not been used properly. This is evidenced by the benchmarks of 5 (five) of 9 (nine) indicators in the form of a minimal quantity of complaints, the quality of services in the form of facilities and infrastructure that are less supportive, the number of results issued, only a handful of community satisfaction, the intensity is far from the target. To overcome these problems, it is necessary to hold outreach activities regarding the use of LAPOR as an online complaint system, changes to decrees related to the management of online complaints aspiration services for the people of Sukamara district for the realization of maximum service quality. Keywords: LAPOR , Utilization, Service, Complaint ABSTRAK Permasalahan/latar belakang (GAP) penelitian aplikasi LAPOR di Kabupaten Sukamara ialah minimnya pengetahuan masyarakat mengakibatkan rendahnya jumlah aduan terkait pelayanan publik melalui aplikasi LAPOR. Tujuan penelitian guna mengetahui pemanfaatan dan menganalisis aplikasi LAPOR dalam peningkatan pelayanan pengaduan oleh Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Sukamara Provinsi Kalimantan Tengah dengan tolak ukur teori pemanfaatan. Metode yang dimanfaatkan ialah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan merupakan teknik analisis data pada penelitian ini. Hasil /Temuan permasalahan tentang penerapan Aplikasi LAPOR di Kabupaten Sukamara ialah Kadaluwarsa SK bupati Nomor 45 Tahun 2017 yang mengatur tentang pengelolaan LAPOR menyebabkan koordinasi antar pejabat penghubung menjadi kurang efektif dan pelayanan publik menjadi terbengkalai. Hal ini berakibat rendahnya kualitas pelayanan yang diberikan dan data jumlah pengaduan rendah. Kesimpulan pemanfaatan aplikasi LAPOR dalam peningkatan pelayanan pengaduan di Kabupaten Sukamara belum dimanfaatkan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan tolak ukur 5 (lima) dari 9 (sembilan) indikator berupa kuantitas pegaduan yang minim, kualitas pelayanan berupa sarana dan prasarana yang kurang mendukung, jumlah hasil yang dikeluarkan, kepuasan masyarakat hanya segelintir, intensitas yang jauh dari target. Mengatasi permasalahan tersebut maka perlu dengan diadakanya kegiatan sosialisasi berkenaan dengan pemanfaatan LAPOR sebagai sistem pengaduan online, perubahan surat keputusan terkait pengelolan layanan aspirasi pengaduan online rakyat kabupaten Sukamara demi terwujudnya kualitas pelayanan yang maksimal. Kata kunci: LAPOR, Pemanfaatan, Pelayanan , Pengaduan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 31 May 2022 01:10
Last Modified: 31 May 2022 01:10
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/6920

Actions (login required)

View Item View Item