Giawa, Habibi Ilham (2022) APLIKASI APEKESAH DALAM PELAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT DI KOTA BATAM PROVINSI KEPULAUAN RIAU. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.
|
Text
HABIBI ILHAM GIAWA_29.0316_APLIKASI APEKESAH DALAM PELAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT DI KOTA BATAM PROVINSI KEPULAUAN RIAU.pdf Download (526kB) | Preview |
|
|
Text
HABIBI ILHAM GIAWA_29.0316_APLIKASI APEKESAH DALAM PELAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT DI KOTA BATAM PROVINSI KEPULAUAN RIAU.pdf Download (526kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “APLIKASI APEKESAH DALAM PELAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT DI KOTA BATAM PROVINSI KEPULAUAN RIAU “ dilatarbelakangi oleh Peraturan Walikota Nomor 38 Tahun 2017 mengenai layanan aduan masyarakat menggunakan sistem elektronik pemerintah daerah kota Batam melalui Dinas Komunikasi Dan Informasi Kota Batam mempunyai beberapa inovasi salah satunya di bidang pelayanan pengaduan dengan membangun suatu layanan pengaduan. Desain penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif . teknik pengumpulan data meliputi observasi partisipatif ,dengan wawancara semi struktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa penerapan aplikasi APEKESAH melihat dari dimensi-dimensi (Perceived Ease of Use Persepsi) kemudahan penggunaan, (Perceived Usefulness ) Persepsi terhadap kemanfaatan, (Attitude Toward Using )sikap terhadap penggunaan sistem , (Behavioral Intention to Use ) tetap menggunakan suatu teknologi, (Actual System Usage) kondisi nyata penggunaan sistem dimana penerapannya sudah berjalan cukup baik,namun ada beberapa permasalahan yang ditemukan pada saat penerapannya seperti aplikasi yang ditemukan eror, belum semua masyarakat yang mengetahui adanya aplikasi apekesah ,dan kurang responsifnya dalam memberikan tanggapan. Adapun yang bisa dilakukan dengan menempatkan pegawai untuk melakukan maintenance lebih intens atau rutin melakukan perawatan terhadap aplikasi APEKESAH sehingga mengurangi terjadinya gangguan-gangguan yang ada dan harus segera diperbaiki dan juga meningkatkan standar keamanan secara periodik supaya terhindar dari sistem error bahkan hacker. Melakukan sosialisasi di media sosial mengenai aplikasi APEKESAH secara terus-menerus dengan membuat konten yang menarik perhatian publik dan melakukan sosialisasi langsung di lokasi-lokasi strategis , dan Menambah Sumber Daya Manusia di Diskominfo dan sesuai dengan bidangnya sehingga agar lebih maksimalnya pelayanan Kata kunci : aplikasi APEKESAH, Layanan pengaduan , Inovasi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Depositing User: | Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP |
Date Deposited: | 27 May 2022 04:17 |
Last Modified: | 27 May 2022 04:17 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/6750 |
Actions (login required)
View Item |