EFEKTIVITAS PROGRAM PELAYANAN ONLINE 'SI PAHIT' DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN MASYARAKAT DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SAMARINDA

BANGSAWAN, DATU MUHAMMAD PANJI (2022) EFEKTIVITAS PROGRAM PELAYANAN ONLINE 'SI PAHIT' DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN MASYARAKAT DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SAMARINDA. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
RINGKASAN SKRIPSI (DATU MUHAMMAD PANJI B._29.1117).pdf

Download (674kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang : Masa pandemi COVID-19 menjadi tantangan tersendiri bagi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Samarinda untuk menjaga eksistensi inovasi program pelayanannya terkhusus program ‘SI PAHIT’ untuk dapat meningkatkan kepuasan masyarakat secara progresif. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas program pelayanan online ‘SI PAHIT’ di masa pandemi COVID-19, mengetahui faktor pendukung dan penghambat program pelayanan online ‘SI PAHIT’ di masa pandemi COVID-19 serta mengetahui apa saja upaya yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Samarinda untuk mengatasi hambatan tersebut. Metode: Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta pendekatan teori Gibson dan Steers. Hasil/Temuan: Pelaksanaan program pelayanan online ‘SI PAHIT’ di masa pandemi COVID-19 ditinjau dari dimensi produktivitas dianggap belum produktif sebagai akibat belum terpenuhinya capaian indikator prosedur dan output pelayanan, dari dimensi kualitas dianggap sudah terpenuhi sesuai dengan capaian yang ditetapkan, dari dimensi efisiensi dianggap belum efisien sebagai akibat belum tercapainya keseluruhan standar yang diharapkan, dari dimensi fleksibilitas sudah dianggap baik, dan dari dimensi kepuasan dianggap sudah memuaskan. Kesimpulan: Pelaksanaan program pelayanan online ‘SI PAHIT’ di masa pandemi COVID-19 secara keseluruhan sudah berjalan baik, namun masih belum bisa dikatakan efektif, karena tingkat efektivitas pelayanan hanya sebesar 60% (persen) dari rumusan proposisi nilai keefektifan sebesar 80% (persen). Garis besar permasalahan adalah rendahnya sosialisasi program ‘SI PAHIT’ sehingga peneliti menyarankan untuk meningkatkan sosialisasi dengan membentuk tim kreatif dan merekrut videographer untuk dijadikan sebagai content creator. Serta merambah media sosial TikTok sebagai wadah baru sosialisasi. Kata kunci: Efektivitas; Pelayanan Online; Program ‘SI PAHIT’; Pandemi COVID-19

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Demography and Civil Registration Studies
Depositing User: Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM
Date Deposited: 27 May 2022 08:26
Last Modified: 27 May 2022 08:26
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/6747

Actions (login required)

View Item View Item