EFEKTIVITAS E-GOVERNMENT DALAM PELAYANAN PENGADUAN DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA (DISKOMINFO) KOTA SUKABUMI PROVINSI JAWA BARAT

ALPIANSYAH, ALPIANSYAH (2022) EFEKTIVITAS E-GOVERNMENT DALAM PELAYANAN PENGADUAN DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA (DISKOMINFO) KOTA SUKABUMI PROVINSI JAWA BARAT. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
RINGKASAN SKRIPSI_ALPIANSYAH_G1.pdf

Download (559kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT (in english) Problem Statement/Background (GAP): The author focuses on the problem of the lack of public interest regarding complaint services using the LAPOR! Application. The focus of this researchs to describee-Government implementation complaint service by Communication and informatics of Sukabumi City, based on LAPOR application and factor that needs to be watchedn eGovernment Complaint service implementation by Communication and Informatics of Sukabumi City. The research Method thats being useds qualitative descriptive with thenductive approach, whichs a method that shows the clear picture systematically, factual, and accurate from data and facts from the field. The data collecting technique thats being useds observation,nterview, and documentation. Moreover, the data analysis stepsare data reduction, data serving, and conclusion/ verification. The research Result shows that e-Governmentmplementationn complaint service from LAPOR application based on the theory that was popularized by the University of Maryland with Political Environment, Leadership, Planning, Stakeholders, Transparency/visibility, Budgets, Technology, and innovation indication had been a success. But, there are obstaclesn regard to the facilities and infrastructures, public ignorance regarding LAPOR application and the low-tech society. Keywords : e-Government implementation, Complaint Services ABSTRAK (in bahasa) Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penulis berfokus pada permasalahan kurangnya minat masyarakat mengenai pelayanan pengaduan menggunakan aplikasi LAPOR!. Fokus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan e-Government dalam pelayanan pengaduan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Kota Sukabumi Provinsi Jawa Barat yang berbasis aplikasi LAPOR serta faktor yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan e-Government pelayanan pengaduan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Kota Sukabumi Provinsi Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pendekatan Induktif yaitu suatu metode untuk membuat gambaran secara jelas dan sistematis, faktual dan akurat dari data-data dan fakta yang ada dilapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun langkah-langkah analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan e-Government dalam pelayanan pengaduan melalui aplikasi LAPOR berdasarkan teori yang dikemukakan University of Maryland dengan indikator Political Environment, Leadership, Planning, Stakeholders, Transparency/Visibility, Budgets, Technology, dan innovation sudah berjalan sukses. Namun masih terdapat faktor penghambat yang berkaitan dengan sarana dan prasarana, serta ketidaktahuan masyarakat mengenai aplikasi LAPOR dan masyarakat yang belum melek akan teknologi. Kata kunci: Pelaksanaan e-Government, Pelayanan Pengaduan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 25 May 2022 07:47
Last Modified: 25 May 2022 07:47
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/6714

Actions (login required)

View Item View Item