EFEKTIVITAS KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA DALAM PELAYANAN PUBLIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI BADAN KEPEGAWAIAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KABUPATEN BULUNGAN PROVINSI KALIMANTAN UTARA

INTANIA ARIFAI, APRILITA CIKA (2022) EFEKTIVITAS KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA DALAM PELAYANAN PUBLIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI BADAN KEPEGAWAIAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KABUPATEN BULUNGAN PROVINSI KALIMANTAN UTARA. Diploma thesis, IPDN.

[img] Text
APRILITA CIKA_29.1967_EFEKTIVITAS KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA DALAM PELAYANAN PUBLIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI BADAN KEPEGAWAIAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KABUPATEN BULUNGAN PROVINSI KALIMANTAN UTARA.docx

Download (1MB)

Abstract

ABSTRACT Government policies in several aspects of the bureaucracy must be able to adapt and respond to changes that occur, so as to facilitate prosperity and sustainable economic development in all conditions faced. One of the public services that need to adapt during the COVID-19 pandemic is the Bulungan Regency Personnel and Human Resources Development Agency. This study aims to determine and identify the effectiveness of public services for State Civil Apparatus during the COVID-19 period at the BKPSDM, Bulungan Regency, North Kalimantan. This research is qualitative descriptive research. The indicators observed are based on Gibson's theory to measure effectiveness in an organization.The results showed that during the COVID-19 pandemic the effectiveness of public service officials at BKPSDM decreased by more than 50% due to the presence of Work From Home (WFH) during the pandemic which was closely related to the individual time division of each public service official. With these obstacles, the Head of BKPSDM decided to hold more regular online meetings to maintain communication and cooperation between organizational components. Suggestions that can be given are to improve skills in terms of science and technology through courses or training. Keywords : Staffing, Policy, Effectiveness ABSTRAK Kebijakan pemerintah dalam beberapa aspek birokrasi haruslah mampu beradaptasi dan merespon perubahan yang terjadi, sehingga mampu memfasilitasi kesejahteraan dan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dalam segala kondisi yang dihadapi. Salah satu pelayanan publik yang perlu melakukan adaptasi saat melakukan pandemi COVID-19 yaitu Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Bulungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi Efektivitas pelayanan publik Aparatur Sipil Negara pada saat COVID-19 di BKPSDM Kabupaten Bulungan Kalimantan Utara. Penelitian ini merupakan penelitian penelitian deskriptif kualitatif. Indikator yang diamati didasarkan pada teori milik Gibson untuk mengukur efektivitas pada suatu organisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di masa pandemi COVID-19 efektivitas dari pejabat pelayan publik di BKPSDM menurun lebih dari 50% yang disebabkan oleh adanya Work From Home (WFH) di masa pandemi yang berkaitan erat dengan pembagian waktu secara individu dari masing-masing pejabat pelayan publik. Dengan kendala tersebut, Kepala BKPSDM memutuskan untuk melakukan rapat daring yang lebih rutin untuk menjaga komunikasi dan kerja sama antar komponen organisasi. Saran yang dapat diberikan adalah meningkatkan kemampuan dalam hal IPTEK melalui kursus ataupun pelatihan. Kata Kunci : Kepegawaian, Kebijakan, Efektivitas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik FMP
Date Deposited: 23 May 2022 02:52
Last Modified: 23 May 2022 02:52
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/6562

Actions (login required)

View Item View Item