INOVASI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN ONLINE DALAM RANGKA PERCEPATAN KEPEMILIKAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN DI KOTA MEDAN PROVINSI SUMATERA UTARA

Heryuandifa, M. Aldo (2022) INOVASI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN ONLINE DALAM RANGKA PERCEPATAN KEPEMILIKAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN DI KOTA MEDAN PROVINSI SUMATERA UTARA. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
M. Aldo Heryuandifa-29.0137-Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Online dalam Rangka Percepatan Kepemilikan Dokumen Kependudukan di Kota Medan Provinsi Sumat.pdf

Download (536kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT (in english) Problem Statement/Background (GAP): The author focuses on the problem of the lack of public awareness to manage population documents due to the public's view of the management of population documents which requires a convoluted process, long queue times, and long access to travel. Purpose: The purpose of this study is to analyze the innovation of online population administration services in the context of accelerating ownership of population documents in the city of Medan, to analyze the inhibiting factors and to analyze the efforts made by the Medan City Population and Civil Registration Service. Method: This study uses a descriptive method with a qualitative approach. according to Rogers' Theory of Innovation. Data collection techniques were carried out by observation, interviews, and documentation. Result: The findings obtained by the authors in this study are that the process of submitting population documents is faster, more practical and does not have to wait long. the desires needed by the community and the use of the Sibisa Application innovation service is easily understood by the public. The main facilities and sufficient understanding from the community have been very well done. The main facilities and sufficient understanding from the community have been very well done. can be improved again, because the socialization carried out in the sub-district and kelurahan was only attended by that person. the implementation procedures as well as the facilities and infrastructure of the Sibisa Application have been carried out well. Conclusion: The Online Population Administration Service Innovation The Sibisa application is good enough (innovative) but not yet optimal, because it is still constrained by the possibility of trying dimension factors, where indicator one is not so good because the socialization carried out is only followed by the community and that's all. Keywords: Resident Document, Innovation, Service ABSTRAK (in bahasa) Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penulis berfokus pada permasalahan kurangnya kesadaran masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukan yang disebabkan pandangan masyarakat terhadap kepengurusan dokumen kependudukan yang membutuhkan proses yang berbelit-belit, waktu mengantre yang lama, dan akses tempuh yang jauh. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis inovasi pelayanan administrasi kependudukan online dalam rangka percepatan kepemilikan dokumen kependudukan di Kota Medan, untuk menganalisis faktor-faktor yang menghambat serta untuk menganalisis upaya yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Medan. Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. menurut Teori Inovasi dari Rogers. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Temuan yang diperoleh penulis dalam penelitian ini yaitu proses pengajuan dokumen kependudukan menjadi lebih cepat, praktis dan tidak perlu menunggu lama. keinginan yang dibutuhkan masyarakat dan penggunaan pelayanan inovasi Aplikasi Sibisa mudah dipahami oleh masyarakat. sarana utama dan pemahaman yang cukup dari masyarakat sudah sangat baik dilakukan. sarana utama dan pemahaman yang cukup dari masyarakat sudah sangat baik dilakukan. dapat ditingkatkan lagi, karena sosialisasi yang dilaksanakan di kecamatan maupun kelurahan hanya diikuti oleh orang itu itu saja. prosedur pelaksanaan serta sarana dan prasarana Aplikasi Sibisa sudah baik dilakukan. Kesimpulan: Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Online Aplikasi Sibisa sudah cukup baik (inovatif) namun belum begitu optimal, karena masih terkendala oleh faktor dimensi kemungkinan dicoba, dimana indicator satu belum begitu baik dikarenakan sosialisasi yang dilaksanakan hanya diikuti oleh masyarakat itu-itu saja. Kata kunci: Dokumen Kependudukan, Inovasi, Pelayanan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Demography and Civil Registration Studies
Depositing User: Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM
Date Deposited: 19 May 2022 04:08
Last Modified: 19 May 2022 04:08
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/6497

Actions (login required)

View Item View Item