PENGARUH PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA TERNATE, PROVINSI MALUKU UTARA

Hasan, Rizky R. (2022) PENGARUH PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA TERNATE, PROVINSI MALUKU UTARA. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
RIZKY R. HASAN_29.1698_PENGARUH PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD DOVERNANCE TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA TERNATE.pdf

Download (356kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Masih banyak keluhan masyarakat terkait respons dari petugas pelayanan yang lambat melalui pelayanan langsung maupun online, pemerataan pelayanan yang belum secara merata kepada pendaftaran penduduk karena faktor umur, sakit keras, cacat fisik dan cacat mental, atau masyarakat terlantar, dan tidak ada kepastian waktu penyelesaian pelayanan dan pelayanan yang masih berbelit-belit alurnya. Terkait hal tersebut perlu mengindentifikasi belum optimalnya penerapan beberapa prinsip-prinsip good governance yaitu daya tanggap, keadilan, serta efektivitas dan efisiensi yang dapat mempengaruhi kualitas pelayanan Disdukcapil Kota Ternate. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Penerapan prinsip-prinsip good governance khususnya prinsip daya tanggap, keadilan, serta efektivitas dan efisiensi terhadap kualitas pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Ternate. Dilihat dari pengaruh secara parsial maupun simultan. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan survey kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis linear regresi berganda. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara daya tanggap terhadap kualitas pelayanan disdukcapil Kota Ternate dengan nilai p-value = 0.000 < α = 0.05 dengan besar nilai B = 0.531, sehingga perlu ditingkatkan prinsip daya tanggap pegawai. Selanjutnya pengaruh keadilan terhadap disdukcapil Kota Ternate dengan nilai p-value = 0.016 < α = 0.05 dengan besar nilai B yaitu 0.253, sehingga perlu ditingkatkan prinsip keadilan pegawai. Selanjutnya pengaruh efektivitas dan efisiensi terhadap disdukcapil Kota Ternate dengan nilai p-value = 0.001 < α = 0.05 dengan besar nilai B yaitu 0.447, sehingga perlu ditingkatkan prinsip efektivitas dan efisiensi pegawai. Kesimpulan: Terdapat pengaruh secara bersama sama daya tanggap, keadilan serta efektivitas dan efisiensi terhadap kualitas pelayanan disdukcapil Kota Ternate. Dengan ini disdukcapil Kota Ternate perlu melakukan evaluasi untuk menerapkan prinsip-prinsip good governance untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan. Kata kunci: Daya Tanggap, Keadilan, Efektivitas dan Efisiensi, Kualitas Pelayanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Demography and Civil Registration Studies
Depositing User: Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM
Date Deposited: 19 May 2022 07:47
Last Modified: 19 May 2022 07:47
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/6478

Actions (login required)

View Item View Item